Search This Blog

Loading...

Thursday, December 24, 2015

Explosion in My Head: I'm a Writer Who Lost Words By Stroke

I was the guy who jogged while smoking, who ate salads with beers, who stayed awake at night but slept during the day, who thought that the definition of healthy food was simply food that makes me happy, who assumed that life balance was all that I did.
Then I had a hemorrhagic stroke.


It was a bright day in Ubud, Bali. I was just coming back from my summer holiday in the US. It was one of my prodigious trips; attending a U2 concert in LA, celebrating my 35th birthday in Sausalito, having sweet and savory food tours in New York. I was busy making myself happy. I declared prematurely that 2015 was my greatest year ever.

The morning started with a vibrant sunrise. I woke up so energized, brewed Sumatran coffee in my french press, I danced to whatever streaming music played. I opened my notebook to continue writing my next novel. I also wrote some ideas about my future ambitious projects that made my heart beat faster. Between the writings, I played air guitar while head-banging. Then suddenly I felt pain in my upper-neck, radiating to my eyes as my vision blurred and my hearing faded.

I felt like Neville Longbottom when he was thrown the spell 'petrificus totalus' by Hermione. I couldn't move my body. All my muscles suddenly lost the ability to move. I didn't think it could get any scarier, but then my capability to think also vanished. And that's apparently not even the scariest part, as I discovered when the torturous pain propagated through my head and it began to feel as if the brain was being chopped by millions of razors.

I tried to close my eyes to lose my consciousness. I still hoped that everything was going to be okay during my sleep. I didn't know precisely how long I slept. When I finally woke up, my vision was twisted. I saw everything double. My brain still hurt. Those million razors were now shredding the left side of my head. I tried to reach my cellphone, typing intermittently to ask my good friends for help. I pushed my self to stand and to walk, but hell, the anguish was real.

As soon as I arrived at the hospital, the nurses took my blood and urine, checked my heartbeat,
then the bad news came with my blood pressure charts: around 200/100. The terrifying moment began with my CT scan report: there's internal bleeding in my head. My blood vessel leaked in my left brain.

The torment became ruthless. I kept asking the doctors to add dosages of pain killers through any way possible: orally, intravenously, even via my butt. But the killers have limitation.
A doctor suggested that I lay down, keep my head horizontal to avoid the leaking blood in my brain from spreading. I ate, I peed, I pooped all with my head facing the rooftop. If there was still blood in my brain on my next CT scan reading which would be held in two weeks, they would conduct a brain surgery to alleviate the swelling and bleeding.

Because of my lack of medical knowledge and the unbearable pain, I requested the doctor to do brain surgery as soon as possible. But I went silent when I was told that one of the risks of brain surgery is having another stroke. Wait, what? Is this some kind of incep-stroke-ception?


The doctor also reminded me to not stress. How can you tell people not to stress while their brain is bleeding?!


Blood in my brain 


I was in denial.
When I saw my CT scan, I hoped it was other patient's result. But then when I suddenly lost my memories, it was hard to deny the truth.

I was angry.
When the doctor diagnosed me with a hemorrhagic stroke, I wanted to change my hospital. The doctor concluded that the cause of my hypertention is genetic because I told him my grandma and my dad both had strokes. Well, I don't know which one is more genetic; our blood pressure or our passion for the fatty foods.

I was disappointed.
When someone said "After brain injury, you’re lucky to be alive." But 'lucky' for me is when you live your life without any brain injury at all. In the darkest night on my hospital bed, I secretly did not feel very lucky to be alive. 


Every time someone says, “You've been given a second chance to start your life over" I feel like I've been handed a big burden. I actually appreciate all kind of support and positive-looking on the bright side-thinking, I just need to stop thinking too much. Overthinking is like zooming in an ant. The bigger it is, the scarier it looks. I tried harder to practice 'zooming out'. I learned to acknowledge the pain, to become aware of my feelings without getting carried away.

I was feeling confused and selfish. What I worried most about at that time was my career as a writer.
There were several moments when I woke up, feeling blank and empty. I lost my vocabulary. I couldn't say nor could I write what I wanted to express. I couldn't even say my name. I still remembered who I was, but I was hardly able to describe it. I felt alienated.
It was easy to confuse excitement with happiness. I was restless in highs and lows. External circumstances had a huge influence on my inner emotional state.

Prior to my stroke, I never cared about what my body really needs. My 'I-could-do-whatever-I-wanna-do-to-my-body' attitude put me in a position where my loved ones were worried sick and constantly busy taking care of me in the hospital.

Afterward, the most terrifying question of all popped up, “Will I be paralyzed?”
My doctor then gradually explained that each stroke sufferer may have a different effect from their stroke, depending on which type you have; clogged arteries (ischemic) or ruptures (hemorrhagic—my case). Its location; whether on left or right brain and how much the blood leaks also determines.

I had no choice but to wait in agony. But my vision was getting clearer, I supposed that was a good sign. And it was! The uplifting news was music to my ears. My second CT scan showed no more blood in my brain. I could go home. Even though my insurance claim was unfairly rejected (oh well, that's for another post), the fact that I could freely move my head was pure exuberance.


Another blessing came from a woman with the golden heart, Ibu Robin Lim, founder of Yayasan Bumi Sehat Ubud (Healthy Mother Earth Foundation).


Me & my hero, Ibu Robin
She let me stay in her cozy house. She provided me with healthy foods which restricts all kind the dishes I like the most! I technically become a pescatarian with less salt and less sugar in my diet. Every time I miss sirloin steak, I remember the suffering. Probably the notion that people are motivated more by pain than pleasure is right, at least for me. I somehow have to learn to appreciate the pain as a compassionate teacher.

At Ibu Robin's clinic, I'm given acupuncture and cupping therapies and all the things that I need to recover. Every time I feel a bit of pain when needles punctured my skin, I celebrate the feeling.


I just noticed that I tend to hold my breath when I feel pain. But I've been told that deep breathing is the body’s natural pain killer. Then I keep breathing & instagramming while going through the pains!



Need more needle
I finally began to move around again. But I walked like a drunken gorilla, I feared falling with every step I took. I didn't have enough strength to improve my physical mobility until my best friend held my hand to walk me across the Monkey Forest. I was very much enjoying feeling how energy can grow to fill my entire body. How can I live without my best buddies?

When I am walking, my memories sometimes flicker like a remix music video. It's bewildering, I become lost in my own beats, but I put my effort into enjoying this new rhythm.

The memories and the moods occasionally re-play my past self awareness. I woke up as an eight year old, thinking about geting ready for school. The other day I woke up looking for my barista apron, a re-run of what happened when I worked at Saudi Arabia six years ago.


Suck the blood out
When I suddenly remember the painful memories, I struggle to remember the happy moments. But when I finally remember, it makes me feel worse. I have to accept all of those pains are now part of who I am. I embrace bad memories as I'm given the ability to remember.

I also could remember vividly what I did during my sleep! I suddenly started to have lucid dreams.
I was amazed by green clouds above my head.
"I must be dreaming!" I realized I could control my dreams. After I was mesmerized by the weird sky, I tried to 'create' a beach with a silver sunset and pink neon sand, and it worked! I also had desired to meet my friends; they appeared in the middle of my dream!

I later found out that this is the effect of 'brain strengthening' pills that I got from my doctor.


I also had a series of awkward moments. When I need to sign documents in the bank, I failed many times to imitate my own signature on my ID card. The bank officer was staring at me suspiciously, as if I'm going to forge somebody's signature.
I'm beginning to get used to that suspicious staring. The other day, I was interviewed by a magazine and I totally forgot the books that I wrote. Yes I remember the covers, but I forgot the titles. It's like you remember the faces, not the names, but in this case it's your kids you forget, not just random acquaintances. Forgive me, my books.

I'm still in denial, angry, disappointed and confused but I'm willing to get well.
I still have hard times speaking and writing well, but I want to re-learn everything, starting from zero or even minus ten.
Not all my losses is a loss, I was able to lose 20 kg in 5 months just by changing my lifestyle. More water, more walking, more vegetables.




From 128 kg, through 118 kg, to 108 kg

Everyday I watch my own number to beat my silent killer. No, not the number of followers, likes or other popularity figures, but my blood pressure numbers. Just forget all the new gadgets, all I care about is my tensimeter. When I'm too excited, my blood pressure rises high, and it's time to practice deep breathing and drinking water. 


A device to defeat the silent killer


I've been facing many challenges but I will continue to heal, to write, to love, to try and understand this new perspective.
Exploring my own memories perhaps one of the best travel experiences I've ever had.
A brain hemorrhage gave me nightmares, but I was woken up by kindhearted people.



My year 2015 was like a whitewater rafting trip, sailing through a tranquil river to a precipitous waterfalls. I really wish to float along in a river surrounded by beautiful islands with shady trees.

***
Looking through the pain

Wednesday, November 04, 2015

Bertandang ke Rumah Niang

Diam-diam saya merengut setiap mendengar pertanyaan berbalut keluhan: “Uh, Ubud kok semakin ramai?”
Merengut pertama akibat merasa bersalah. Sebagai pendatang, saya ikut serta meramaikan Ubud. Merengut kedua karena justru 'ramai'nya Ubud itulah yang membuat saya betah; ramai dengan orang-orang hangat.

Kalau sudah berkumpul dengan mereka yang hangat di akhir minggu, kami hobi mencari tempat yang nyaman, sejuk, hening, entah itu sekadar bercengkerama atau rebah-rebah manja di rerumputan.



Salah satu tempat nyaman yang kami tinggali kali ini bernama Rumah Niang; berbentuk bungalow dengan gaya khas Jepang; lapang, bersih dan dekat dengan alam. Dekatnya tuh, deket bener!

Memasuki halaman Rumah Niang, kami disambut rerumputan luas dan aneka tanaman jelita. Dapur lega dan tempat makan terbukanya membuat hasrat masak dan makan menggelora!







Kamar tidurnya juga tak kalah nyaman. Kasur dan bantal empuk, berkelambu romantis.



Saat pagi tiba, sinar matahari menjelajah berbagai sudut ruangan. Pemandangan hijau asri melegakan hati.







Kami tak pernah bosan leyeh-leyeh menikmati langit biru. Kalau ingin sedikit bertualang,  mari langkahkan kaki menuruni tangga rahasia sebelah bungalow, menelusuri mata air atau sekadar kecipak kecibung di sungai!





Yang lebih menyenangkan, bungalow ini sangat dekat dari jalan utama Ubud Raya! Kalau jogging dari Pasar Ubud, butuh 1-2 lagu untuk menemukan Rumah Niang.
Untuk cari tahu lokasi dan booking Rumah Niang, mari ke mari!

Selamat bersantai sejuk di Rumah Niang!

Wednesday, July 29, 2015

Jadi Sok Jagoan Gara-Gara Serial TV

Saya pikir, hakim dan pengacara adalah profesi menggiurkan. Saya kemudian sadar, menggiurkan karena tercekoki serial-serial TV berlatar belakang pengadilan yang saya tonton sejak SD. 

Dimulai dari serial Dark Justice. Saya terpikat pekerjaan hakim yang saat malam hobi menyamar demi menemukan kebenaran dari kasus yang sedang ditanganinya. Walau cara menyamarnya hanya semudah mengurai rambut gondrongnya, sih.



'Racun' berikutnya menyebar dari serial Ally McBeal, kali ini saya kepincut pengacara-pengacara yang tampak tangguh saat membela klien, tapi begitu rapuh cenderung delusional saat di luar ruang pengadilan. 



Ironisnya, ambisi menjadi hakim & pengacara terkikis saat saya kuliah hukum—terlebih saat kuliah praktek peradilan. Selain sistem peradilan Indonesia bukan Anglo Saxon yang dilengkapi sistem juri (lah kemana aja), ruangannya pun tentu saja tidak seglamor settingan TV (lah kemana aja-bag 2). 
Di lorong-lorong gelap pengadilan, saya semakin menyadari kalau suap menyuap bukan hanya sekadar memasukkan makanan ke mulut seseorang. 

Ah ya, siapa suruh termakan ilusi fiksi? 

Sialnya, kebiasaan menjadi jagoan dadakan terbawa sampai sekarang. Sumber serialnya masih berbau-bau pengadilan menyerempet kriminal, dengan penelaahan ruang lingkup psikologi manusia secara mendalam. Sedalam Amerika ingin kita meyakininya. 

Mari mulai dari serial Lie To Me. Kali ini sang jagoan, Carl Lightman yang merasuki jiwa, membuat saya ikut menjelma jadi ahli pendeteksi kebohongan. Saya mendadak menjadi penyimak ekspresi, entah itu teman yang sedang curhat atau para selebritas di infotainment. 


Setiap si pembicara menggaruk-garuk hidung atau melilipkan kelopak mata, saya serta-merta berpikir, “PASTI LAGI BOHONG!” 

Saat si pembicara menundukkan kepalanya, saya otomatis menuduh,”DIA PASTI SEDANG MENYEMBUNYIKAN SESUATU!” 

Ironisnya, gara-gara terlalu melahap serial ini, saya jadi waswas disangka berbohong. Jadi ya, kebiasaan saya kalau lagi grogi, saya sering mengusap-usap leher bagian belakang; yang menurut Carl Lightman adalah salah satu ciri orang berbohong. 
Padahal percakapannya hanya sesederhana ini, 
 “Mau ke mana?” ditanya kecengan. 
“Ke toko buku,” jawab saya pegang leher belakang. 
Sadar itu hal 'salah', saya buru-buru memasukkan lengan ke saku. Malah makin aneh kan gesturnya? 

Lalu saat lagi flu atau kebelet pipis pun saya menghindari ngobrol, takut gak sengaja garuk-garuk hidung atau kelilipan! Ah, kok jadi ribet amat. 


'Untungnya' yang ribet bukan saya doang. 
Kali ini saya lagi menonton berita tentang kasus aktris yang meninggal pasca operasi plastik, penyebabnya masih belum diketahui.  Adik temen saya yang masih muda belia berceloteh, “Pasti dia kebiasaan minum obat penenang Nadril deh. Terus dokternya ngasih Emerol. Jadi aja mati!” 
“Kok bisa tahu sih?” Tanya saya takjub. 
“Dia kan aktris ya, pasti suka minum obat penenang, kan? Pernah ada kasusnya di Law & Order.” 
Takjub saya menguap perlahan. 

Selain jadi pelaku, dengan bangga saya katakan: saya juga sempat jadi korban, loh! 

Mungkin ada yang ingat waktu saya dapet berbagai teror akibat buku saya tahun 2011, saya lumayan kan sering curhat di social media. Beberapa orang berspekulasi kalau itu cuma rekayasa agar penjualan buku naik. Malah saat ban mobil gembos ada yang yakin itu upaya saya sendiri untuk menarik perhatian. Ya iya sih, saat saya memamerkan foto ban gembos, memang betul buat narik perhatian. Tapi saya belum sedepresi itu sampai menggembosi ban sendiri.
Teori-teori ala Hollywood yang mereka utarakan pun cukup cadas, secadas batu yang pengin saya lempar ke mereka.  Mumpung lagi kena batunya.

Tanpa bermaksud ingin mencari teman, para ahli dadakan pun kini bertebaran di media sosial, entah ahli medis atau ahli forensik. Mereka akan ramai berkicau kala-kala kasus panas mendidih di timeline. 

Jadi karena dikeroyok atau kecelakaan?
Cepat sembuh dan banyak berkah ya, Bu!

Menduga-duga memang menyenangkan, tapi memaksakan dugaan agar jadi kebenaran itu memuakkan.

Dunia nyata tak berlayar, luasnya tak mampu dikekang kotak TV, rumitnya tak sebanding skenario fiksi.

Saya dan para ahli dadakan lainnya harus lebih memahami lagi kalau perkembangan manusia progresif—bahkan secara organisme saja sudah kompleks, belum lagi ditempa berbagai pengalaman psikologis masing-masing. 

Eh bentar bentar, kata-kata ini dari serial TV apa ya??

Friday, July 24, 2015

Beneran ingin bahagia atau sekadar bikin orang iri?

Seringkali sih, saya tidak ingin ada sekadar; mau bahagia sekaligus bikin orang-orang iri. Karena iri—baik mengiri atau diirikan adalah amunisi untuk mengejar impian berikutnya! Iya, iri adalah mampu yang tertunda!

Tapi tunggu, sebelum berlomba iri, kamu percaya nggak, saat ini kita sedang menjalani kehidupan yang pernah kita idam-idamkan?

Kamu dan pasangan.
Kamu dan anak-anak idaman.
Kamu dan segerombolan kucing-kucing di taman.
Kamu dan segenap kota baru untuk berjalan-jalan.

Sayangnya, rumput tetangga yang kini menjelma jadi akun media sosial teman-teman membutakan ingatan akan idaman. Hidup teman-teman—yang bahkan nggak dekat-dekat amat pun tampak lebih menggembirakan hati. Beribu wajah berubah di layar beauty camera, kehidupan maya pun terasa lebih layak diperbincangkan. Bila toh ternyata di dunia nyata buruk rupa dan obrolan kikuk garing semata ya bisa jadi bahan olok-olok seru kembali di ruang obrolan maya. Begitulah siklusnya. 

Sebelum lebih jauh menuduh, pemikiran ini datang saat teman lama memberikan komen-komen senada di foto-foto pameran kebahagiaan saya. Nada-nada itu berbunyi sedih: “Enak ya jadi penulis, hidup gue mah gini-gini doang.”

Sampai kemudian di sebuah kesempatan ngopi bersama, saya mengajaknya bertanya-tanya, “Memangnya kamu pernah bercita-cita jadi penulis?”

Saya benar-benar ingat, kehidupan si teman yang kini merasa 'gini-gini doang' adalah impiannya sejak masih perawan: menikah dengan lelaki tampan dan anak-anak sehat rupawan. Dia juga tak kalah gesit dalam 'memamerkan' kebahagiaanya. Ketika saya pamer rilis buku baru, dia juga pamer saat bayi di pangkuan. Saat saya pamer buku sedang dipajang di rak laris, dia juga pamer foto Si Sulung juara lomba renang.

Kalau toh sekarang punya impian baru, berarti kan bisa mengubah keluhannya dari “hidup gue kok gue gini-gini doang” jadi “hidup lo asyik, gue mau nyoba juga ah!”

Si teman pun terkekeh riang, tersadarkan impian yang kini jadi kenyataan, “Nah, biar gue makin enakan, elo iri juga dong sama kehidupan rumah tangga gue?!”

Tentu saja ini cuma senda gurau belaka, tapi diam-diam bikin hati menduga-duga pertanyaan seperti judul di atas, “Jadi elo beneran pengin bahagia atau sekadar bikin orang iri?"

Yah, kalau pun cuma untuk sekadar bikin orang iri atau demi puja-puji, semoga gak mesti sampai nyusahin orang, apalagi ibu sendiri. Seperti begini kejadiannya: saat itu saya lagi di Bandara Ngurah Rai, seorang gadis belia minta tolong emaknya buat motretin dengan gaya 'pura-pura candid'.

Rupanya Sang Emak belum paham konsep ini, sehingga setelah Si Belia membengkokkan sebelah kaki sambil kepala menunduk dan jemari memainkan kancing baju, terjadi sedikit kericuhan.

“Udah belum, Mah?” Tanya Si Belia.

“Hah, emang sekarang motretnya?”

“Iya, Mah!! Ayo buruan pencet kameranya!” Pinta Si Belia sambil tetap konsisten dalam gaya kaki bengkok dan kepala nunduknya.

“Loh, emang gayanya mesti begitu??” Sang Emak tak juga memencet tombol kamera.

“Aduh gimana, sih!?” Si Belia akhirnya menyerah dalam gaya. Sang Emak pun cemberut tak berdaya.

Akhirnya saya menjadi sok pahlawan menawarkan bantuan, demi kedamaian dunia ibu dan anak. “Zaman tante dulu sih, kalau foto ya gayanya bener-bener manis lihat kamera atau lihat agak ke samping. Ini kok gaya anak sekarang malah seneng kayak lagi encok gitu ya?” Curhat Sang Emak saat saya memotret Si Belia.

Saya cuma cekakak cekikik saja sambil mengingat-ingat, jangan-jangan saya juga sering melakukan hal yang sama: demi 1000 like orang asing malah meniadakan 1 senyum orang tersayang. 

Saya gak bisa mencela apa yang membuat orang bahagia. Kita punya porsi bahagia (dan iri) masing-masing. Tak semua bahagia dengan sejuta. Tak semua sedih dengan sepuluh ribu.

Jauh di lubuk hati, saya masih berharap, semoga kebahagiaan yang kita pamerkan, benar-benar bahagia dari hati, tak peduli berapa & betapa yang iri.

Tampak keren memang mengasyikkan, dipuja-puji juga memabukkan, tapi yakinkan si hati agar benar-benar senang dan tidak sampai menyakiti tersayang.

UDAH DIPOTRET BELUM, SIH? 

Friday, July 17, 2015

My 7 Hopes On This Eid al-Fitr Day

Eid Mubarak, 


I hope you guys find your own happiness so you won't have time to destroy people's lives.


I hope you guys get lost so you could find the best route to come home.


I hope you guys know & remember how it feels to be small, so when you're big you don't necessarily need to be an asshole.


I hope you guys find someone who truly believes in you; who likes to lie on the grass half-naked with you.


I hope you guys get a room with a beautiful view; a view of open minded & non-judgemental people.


I hope you guys will always remember how to hum merrily as your feet have the right to dance, no matter how much fear & pain you are in.


I hope you guys recognize the difference between frankly speaking and maliciously gossiping as sometimes sunset & sunrise on pictures look the same.


Amin.



Friday, March 13, 2015

Kehidupan Glamor di Ubud

Pada suatu masa, terdengar bisik-bisik memekakkan telinga, “Biasanya orang luar datang dan menetap di Bali karena kabur dari masalah.”

APA, seenaknya saja menghakimi!

Eits, tapi pas 2012, saya melakukannya sih; kabur dari kerusuhan emosi. Berawal dari cuma dua minggu, disusul berjuta rindu.
Akibat penasaran, apakah saya secinta itu sama Ubud atau hanya sebatas pelarian, pada Agustus 2014 akhirnya nekat hijrah dengan membawa bekal delapan potong kaus dan empat celana dalam. Coba dulu deh, ngekos sebulan saja, pikir saya saat itu.

Eh, ternyata lanjut!
Masuk bulan kedua, wah beli papan jemuran.
Bulan ketiga, oops beli perabotan.
Bulan keempat, waduh pasang tv kabel! Ini merupakan komitmen yang sungguh serius!

Akhirnya memasuki bulan delapan, saya baru berani menulis postingan tentang hal ini. Hal yang perlu dibaca perlahan tengah malam. HIHIHI!

Oh iya, tapi kenapa milih kabur ke Ubud? Ya, abis hidup di London mahal banget. Itu jawaban versi menyebalkan, walau ¼ nya benar. Tapi sungguh senangnya, di sini beberapa kali bermain bersama dan mendengarkan kisah orang dari berbagai negara, membuat saya merasa sudah keliling dunia tanpa harus keluar pulau.

Lalu, apa gak bosen tinggal di Ubud? Ah, di manapun saya tinggal, pasti akan ada bosannya. Jadi tinggal milih, mau bosan di mana?
Memang ada beberapa pekerjaan ala ibukota yang tidak lagi bisa saya raih di desa, tapi banyak kenyamanan ala desa yang tidak saya rasakan di kota.
Lagian, kalau berdisko mewah—mepet sawah sih, masih bisa kok.

Tidak banyak yang tahu, kalau kehidupan saya di Ubud pun mendadak glamor—gerak langkah tergantung motor. Seminggu pertama sih, nekat pakai sepeda. Tapi setelah mengelilingi Ubud dari Sayan-Tebongkang-Nyuh Kuning-Monkey Forest, sesampainya di supermarket Bintang malah minta jemput sopir karena mata bergelimang kunang-kunang.

Tapi ternyata tak semua sopir mau sertamerta mengantar saya!
Kisah tragis ini bermula saat saya mengenali Ubud lebih dekat, dengan cara jogging. Iya, gara-gara jalan ganteng—tengok kiri kanan, jadi bisa tahu berbagai lokasi warung enak atau sekadar rute tukang roti keliling.

Sampai suatu sore, saya kebablasan jalan kaki, tiba-tiba saja sudah malam di Penestanan. Buat yang di Bandung, bayangkan Cigadung untuk membayangkan area ini. Untuk yang di Jakarta, boleh inget-inget Jagakarsa. Untuk yang lain, lihat saja video yang saya ambil sambil naik motor ini.



Saking gelap gulitanya jalanan, sinar ponsel dan senter powerbank tidak membantu. Satu-satunya cahaya datang dari lampu kendaraan, yang sayangnya terlalu cepat untuk diikuti. Tampaknya mereka pun terburu-buru melewati jalanan berkelok-nanjak ini.

Untunglah ada seorang bapak-bapak yang sedang asyik nangkring di bale-bale.

“Pak, maaf nih, boleh minta antar melewati kelokan depan gak, abis gelap banget,” pinta saya tersipu malu.

“Waduh, lewat kuburan itu ya?” Kelopak matanya melebar.

“Iya, Pak.” JUSTRU ITU ALASAN UTAMANYA. “Saya agak... takut.” Saya makin cengengesan. 

“Iya, saya juga,” eh si Bapak cengengesan balik!

“Lah, bapak bukannya warga sini?”

“Iya, tapi tetap kalau gelap sih, seram.” Akhirnya ia mau mengantarkan saya, tapi melewati rute lain yang gak kalah seramnya. Kala melewati jembatan, pohon beringin, dan segenap area yang bikin bulu kuduk berdiri, ia selalu membunyikan klakson sebagai permohonan izin untuk segenap makhluk lain yang mendiami daerah itu, “Biar mereka tahu kita akan lewat. Kan kalau ketabrak gak cuma mereka yang sakit, kita juga bisa celaka.”

Diam-diam, saya menerka-nerka bagaimana bentuk 'mereka'.

Sampai beberapa hari kemudian ada beberapa teman yang membocorkan salah satu rupanya. Biasanya dimulai dengan percakapan, “Kamu di Ubudnya tinggal di mana?”

“Sayan.”

“Ooh, itu sih bukan Ubud.”

“Iya kan deket-deketan lah.” Saya sering lupa, kalau Ubud itu kecamatan—bukan kota atau desa, terletak di kabupaten Gianyar. Barangkali ibarat ke Jakarta, lagi di Pasar Minggu pun bilangnya Pancoran. Atau sudah tahu mantan masih anggap pacaran. Maaf ya.

“Oh ya, di Sayan itu masih banyak orang cari ilmu. Dulu pernah subuh subuh, ada kejadian suara gaduh di kos-kosan yang lokasinya tepat di sebelah sebuah resort.”

“Jangan bilang resort ANU!” Saya menyebutkan nama penginapan yang kebetulan berlokasi persis di sebelah kosan.

“Iya, itu.”

“AH TIDAK! JANGAN TERUSKAN!”

“Jadi pernah ya,” Ia tetap nyerocos,”Tamu-tamu penginapan dibuat geger sama makhluk ½ monyet yang ganggu-ganggu di kamar mandi outdoor. Setelah diusir, eh kabur ke atap kosan sebelah.”

“...1/2 monyet? ½ nya lagi apa?”

 “Gak jelas. Pokoknya ngeri.”

“..... oke. Ada lagi?”

“Pokoknya kalau kamu keluar rumah tengah malem, jangan tepat pukul 12 malam. Tunggu lah sampai lewat 10 menit. Terus kalau lihat seekor anjing hitam, bertubuh panjang, dengan kepala yang besarnya tidak proporsional, kamu lebih baik bilang permisi.”

“Hah, apa gak mending langsung ngibrit aja?”

“Yah, kalau sampai kalian bertatap mata, lebih baik bilang permisi. Takutnya nanti kamu demam tinggi.”

Alhasil gara-gara amanat ini, setiap kali saya jalan malam lihat anjing hitam dalam kegelapan—apa pun bentuknya, saya sempet-sempetin bilang permisi.

Selama ini di kosan Sayan belum nemu sesuatu yang aneh-aneh banget. Kalau agak-agak aneh sih, pernah suatu malam, saya lagi ngobrol di kamar dengan teman yang baru datang dari ibu kota. Pintu saya biarkan terbuka biar ruangan tersambangi angin segar.

Ternyata yang menyambang tak hanya angin, tapi juga seekor kucing totol-totol mirip harimau. Secepat kilat si kucing totol melesat ke bawah tempat tidur! Kami berdua segera menundukkan kepala, ingin menyapa si kucing. Tapi, kok, gak ada?!

Saya langsung meluncur ke dapur, gak ada juga! Cek-cek kamar mandi, hiii, kosong! Kamar saya gak gede-gede amat, semua ruangan terjamahi dengan beberapa langkah saja.

Saat saya dan si teman ibu kota masih sibuk membolak-balikkan pandangan antara bawah kasur, dapur dan kamar mandi, tau-tau si kucing totol sudah asyik mejeng di depan pintu kamar dengan mimik sombongnya, seakan menertawai kami yang lantas kebingungan.

Setelah puas bersombong ria, si kucing totol pun berjalan bak peragawati ke kebun sebelah. Oke deh, dadah.

Sejujurnya saya gemas, ingin lebih dalam menggali seribu alasan dibalik kejadian. Sama seperti larangan “Jangan berpayung di dalam ruangan!”, apa memang ada alasan lain selain terlihat bodoh? 



Kemudian beberapa minggu menetap di Ubud, saya mulai menyambangi pesta kecil ala ubudian di malam temaram penuh lampion, dihiasi gelak canda, camilan, musik berdentam dan minuman pusing.

Sesaat setelah bubar, salah seorang teman pesta terjatuh dari motor di area Campuhan. Lukanya parah. Wajahnya berdarah-darah. Alhasil dari tengah malam sampai subuh kami berkumpul di sebuah ruangan mencekam Rumah Sakit, terhiasi jeritan kesakitan saat penjahitan. Sayangnya obat bius tak begitu mempan, terkalahkan efek minuman pusing.

Sehari setelah kecelakaan, si teman yang celaka berceloteh bahwa ia beberapa kali telah terjatuh di lokasi yang sama. Mendengar itu, seorang teman lain yang kebetulan warga asli Bali segera membuat banten (sesajian) berupa sepasang tumpeng, sebutir telur dan pengeplugan berbentuk tapak dara. Tentu saya bertanya, “Buat apa?”

“Ya, kalau di sini kan kami percaya dengan dunia sekala (nyata) dan juga niskala (tak nyata), juga keseimbangan di antaranya, agar damai antara bhuana agung (makrokosmos) melalui bhuana alit (mikrokosmos). Karena itu pas seseorang mengalami kecelakaan, apalagi sampai berulang kali di tempat yang sama, perlu diadakan upacara ngulapin. Ngulapin ini untuk membersihkan dunia batin dari negatif seperti rasa trauma setelah kecelakaan.”

Saya mengangguk-angguk dengan pandangan yang masih ingin banyak penjelasan.

“Ngulapin berfungsi untuk mengembalikan keutuhan vayu manusia. Dalam sanskerta, vayu itu prana; energi. Sebagai energi, vayu ini sangat penting, menjadi penggerak kehidupan kita. Jadi saat kita kecelakaan, misalnya, vayu bisa terlepas. Nah, upacara ngulapin akan mengembalikan vayu ini.”

Lalu ia menjelaskan, upacara ngulapin akan dilakukan di lokasi kecelakaan untuk memanggil bagian roh yang tertinggal di sana, agar teman saya tidak 'terpanggil kembali; saat melewati lokasi tersebut, dan bisa kembali tentram melanjutkan hidup pasca kecelakaan.

“Mungkin kamu pernah melihat orang yang pasca kecelakaan jadi banyak ngelamun atau gamang? Jadi inti ngulapin ini untuk menyeimbangkan jiwa agar benar-benar pulih dari trauma berkepanjangan. ”

 Waduh, upacara ngulapin ini bisa buat patah hati juga gak ya, biar gak keingetan terus? Iya, maaf. 

“Ngulapin ini juga dilakukan buat yang meninggal di tempat saat kecelakaan, agar roh yang bersangkutan bisa kembali ke alam sunya, gak kejebak di sana. Sekali lagi, ini kepercayaan kami. Kami gak maksa orang lain buat melakukan atau mempercayai hal yang sama.”



Ah, terima kasih. Kepercayaan bisa berbeda-beda, tapi kehangatan antar manusia selalu terasa nyaman.

Membayangkan celaka di pulau orang, lalu mendapatkan bantuan dan doa sedemikian rupa dari warga sekitar, siapa yang ingin ingkar?

Sebagai pendatang yang ikut membuat Ubud tambah ramai, saya tak ingin mencemari rasa damai. Memang ada yang tak perlu diekori, tapi saya ingin lebih memahami, agar tak sekadar menghormati. 

Masih ada semilyar teka-teki yang ingin saya kuak, maka izinkan menyudahi sejenak tulisan ini, mari berkelana kembali!





Sunday, February 15, 2015

Mengantar Kacamata Ke Atambua

Saya tidak mudah terbuai janji manis. 
Tapi keteguhan hati ini goyah saat melihat sebuah janji dari Astra International melalui akun twitter Satu Indonesia melalui program #generAKSISEHATIndonesia ini:


Sebagai mantan bocah bolor yang sangat mengerti rasanya hobi baca tapi pandangan mengabur, saya terpancing sekali mendukung janji ini. Lagian caranya gampang kan, kalau biasanya selfie pegang sisir, cangkir, atau pacar orang, kini tinggal selfie sambil pegang janji, dan ….tring! Ada 1 kacamata baca untuk anak yang membutuhkan di setiap 1 janji!



Alhasil selama kurang lebih 2 bulan, saya memantau program ini, memastikan agar kacamata-kacamata itu sampai ke para mata yang ingin melihat dunia lebih jelas. Iya, saya tak ingin lalai setelah terbuai!





Ternyata, pemantauan ini terbalas indah, karena Astra International mengajak saya ikut terjun langsung membagikan kacamata... ke Atambua!
Wuah, berhubung saya belum pernah ke Nusa Tenggara Timur, deg-degannya sebelas rupa! Kenapa sebelas? Karena kami akan terbang tanggal 11 Februari 2015 dari Jakarta via Kupang!


Jujur saja, saat pertama kali mendengar Atambua yang merupakan ibu kota Kabupaten Belu juga terletak di perbatasan Indonesia & Timor Leste ini, yang terbayang adalah jalan bebatuan dikelilingi hutan. Ternyata dugaan saya keliru! Walau bagian hutannya tidak salah, tapi perjalanan kami dari bandara sampai ke SD Fatubenuo melalui jalan aspal yang relatif mulus!
Horeee, berarti aksi sehat ini akan berlangsung lancar, semoga!

Sesampainya di halaman SD, kami disambut para penari cilik, melakukan tarian tradisional asli Belu untuk penyembutan: likurai. Waah, cuaca panas seketika sejuk lihat senyum dan binar mata jenaka mereka!



Ternyata saya baru tahu, akan ada 4.005 kacamata baca yang dibagikan untuk anak-anak Indonesia. Waah,  terima kasih untuk semua yang sudah asyik selfie dan pamer janji! Dari 4.005 itu, 958 kacamata sudah dibagikan kepada anak-anak SD-SMP yang kurang mampu di Jakarta Utara, dan ada 1.500 kacamata untuk anak-anak dari 30 sekolah di Atambua ini. Yang menyenangkan, di sini juga akan diserahkan 1.000 buku! Waah, pas banget! Setelah mata bisa melihat jelas, bisa baca buku sampai puas!




Di ruang pemeriksaan refraksi mata, saya sempat mengobrol dengan Ipi, siswa kelas 6 yang mempunyai gangguan penglihatan di mata kiri. Ia memilih kacamata bergagang biru. Kalau sudah besar, Ipi ingin menjadi guru Bahasa Inggris. Wah, amin! Semoga setelah bisa membaca dengan jelas, Ipi bisa baca buku pelajaran tanpa waswas. Diam-diam saya memperhatikan Ipi kala sedang mengaca sambil mencoba kacamata barunya. Tiba-tiba ia tertunduk sambil menutup kelopak matanya, kemudian kembali bercermin sambil tersenyum. Seolah ingin meyakinkan diri kalau Ipi sedang tidak bermimpi.




“Kalau kamu gimana, udah jelas belum bacanya?” Tanya saya pada gadis manis yang sedang menjalani pemeriksaan refraksi.
“Bisa kak, asal tidak ketutupan badan kakak,” jawabnya polos.
Oops, maafkan badan bongsor kakak ya, adek-adek sayang!



Ternyata kegiatan #generAKSISEHATIndonesia ini bukan asal gaya, tapi dilatarbelakangi data riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan tahun 2013: 4,6% dari total populasi Indonesia memakai kacamata koreksi refraksi dan lensa mata. Data WHO juga menyebutkan kalau 80% kasus gangguan penglihatan bisa dicegah & 90% dari kasus gangguan penglihatan diderita oleh masyarakat dari keluarga berpenghasilan rendah. Kalau dihubungkan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, apabila gangguan refraksi tidak ditangani sungguh-sungguh, bisa perkembangan kecerdasan anak terganggu, deh!

Nah, di Atambua sendiri, pemeriksaan tahap pertama dilaksanakan di 30 SD di tiga kecamatan. Kalau belum mencapai 1.500 anak, bakal lanjut di berbagai kecamatan lain, mulai dari pinggiran Atambua sampai kabupaten tetangga.



Eh sebentar, tadi katanya total ada 4005 kacamata kan ya, 958 di Jakarta Utara + 1500 di Atambua, sisanya buat siapa? Ternyata Astra akan membagikan kacamata lagi di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara!



Ah, semoga akan banyak Ipi-ipi lain yang segera happy, ya! Terima kasih Satu Indonesia sudah menepati janji dan berbagi, Semoga akan lebih banyak anak Indonesia bisa melihat lebih jelas & cerdas!
Terima kasih, Astra International!

NAH, sekarang mari menari gembira bersama geng Atambua!

A video posted by Vabyo (@vabyo) on


A video posted by Vabyo (@vabyo) on

Saturday, January 31, 2015

Biar Bisa Punya Visa Amerika

“Kenapa telat, Pak? Saya kan kemarin sudah bilang, kita bakal pergi 4 pagi—teng. Yang antri visa itu sudah bejibun dari subuh,” Ceracau saya; ngomelin pak sopir yang datang terlambat ½ jam. Ia cuma manggut-manggut dengan sorot mata kebingungan. Kayaknya dia heran kenapa sepagi buta ini saya sudah punya energi misuh-misuh. Padahal malam sebelumnya baru terbang dari Bali ke rumah ortu di Bandung. 

Yah, abis kalau dengar dan baca pengalaman teman-teman yang wawancara visa Amerika bikin jiper! Masa ada yang sampai ditolak empat kali, padahal ada yang dapat beasiswa atau menang undian. Dengan biaya $160 dan akan hangus bila ditolak, sulit rasanya membayangkan diri akan sesetia itu apply visa yang sama berulang-ulang. Mending buat beli tiket pesawat ke negara lain. 

Tapi kalau permohonan disetujui, visa turis Amerika ini berlaku untuk 5 tahun! Jadi jauh lebih ekonomis ketimbang visa lainnya.

Sebelum ceracau semakin berkilau, berikut tahapan permohonan visa US: 
1. Isi formulir Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant DS-160 di sini.
Setelah kelar, sebuah konfirmasi dalam file PDF akan bertandang ke e-mail, siap di-print di kertas A4. 
Kiat: dalam setiap mengisi halaman visa, selalu screenshot. Berbeda dengan permohonan visa UK, setelah tekan 'submit' jawaban-jawaban kita gak bisa diintip lagi. Ya, memang sih, kalau jujur ngapain mesti ngapalin jawaban. Tapi percayalah, ini bisa berguna. Siapa tau typo nulis tahun lulus kuliah keburu submitted, jadi hapalkanlah kekeliruannya!

2. Print halaman untuk bekal bayar visa di sana untuk mengetahui kurs yang sedang berlaku. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Memang sih, kalau kelewat bisa cetak lagi. Tapi kalau dolar dalam semalam mendadak naik bisa dongkol juga, kan! 
Bayar visa US cuma bisa di bank Permata atau Standard Chartered. Jangan lupa bawa fotokopi paspor. Lalu mari jaga baik-baik bukti pembayarannya! 

3. Minimal 4 jam dalam hitungan hari kerja setelah pembayaran, bikin jadwal wawancara di sono. Jadi kalau bayarnya Jum'at sore, baru bisa bikin jadwal Senin siang. Karena pada saat penjadwalan, mereka butuh 8 digit terakhir nomor resit (setelah abjad "US") untuk memastikan pembayaran sudah masuk database mereka. 

Sebetulnya pengisian formulir online visa US ini lebih ringkas dibanding permohonan visa UK. Kalau visa UK, dalam menjawab pertanyaan kita sudah ke mana saja, perlu dicantumkan juga tanggal-tanggalnya. Kalau visa US cukup nama negaranya saja. 

Tapi visa US butuh wawancara dan bisa langsung dapat kepastian saat itu juga. Keunikan lainnya, sebelum masuk gedung, mesti antri di luar pagar dulu. Ada polisi di bawah fly over yang siap mengawasi kita antri di atas trotoar. 
Kiat: Yang gampang pegel tapi waswas kena taik kering, bolehlah bawa alas pantat biar nyaman. 

Untungnya, sesampainya saya di halaman Kedutaan Amerika, antrian baru terisi 3 orang! Wah, beruntung sekali! 

"Kok udah pukul ½ 7, yang antri cuma kita doang ya?” Tanya saya ke dua orang itu. 
“Lah, ini masih jam ½ 6, Mas?” Jawab salah satu dari mereka, sambil lirik jam tangan.

YA AMPUN. Saya khilaf! Jam tangan masih setelan zona GMT +8. Aduh, selesai wawancara mesti minta maaf sama pak sopir, nih! Ternyata saya termasuk golongan orang yang marah-marah tau tau salah! Tapi ini kesalahan yang menyenangkan; terbukti saat pukul 6 pagi antrian mulai memanjang sampai tak terlihat ekornya. 
Kiat: malam sebelum tidur, aturlah jam 60 menit lebih cepat! 

Pukul 06.45 kami digiring ke depan pintu masuk, antrian dibagi dua, sang petugas memeriksa formulir jadwal konfirmasi kedatangan “Appointment Confirmation” dan paspor. Yang lupa bawa formulir, diharapkan tunggang langgang ke warnet terdekat buat nge-print. 
Kiat: bawalah print portable yang terhubung wifi untuk jaga-jaga! 

Di ruangan pertama, badan dan bawaan diperiksa; kayak di bandara. Benda tajam, gadget, perkabelan termasuk earphone, makanan, gak boleh masuk ruangan kedua. Tapi tenang, mereka membolehkan kami menghabiskan makanan dulu. Tapi saya sudah kebelet mau visa! Dadah roti gandum isi selai cokelat 2 cm! 

Masuk ruangan kedua, sang petugas memilah dokumen utama: 
→ Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan 
→ Paspor lama 
→ Formulir konfirmasi pengisian Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant DS-160 
→ Formulir konfirmasi jadwal wawancara “Appointment Confirmation” 
→ Foto 5×5 latar belakang putih 
→ Resit pembayaran visa. 

Lalu kami memijit tombol untuk nomor antrian. Ada 4 loket yang bersiap memanggil. Saya sudah menyiapkan segala macam jawaban atas kemungkinan pertanyaan. Ternyata di sini cuma ditanya 2 hal: 
1. Apakah pernah ganti nama? 
2. SMA di mana? 
Kiat: Saya sering baca testimoni kalau petugas kedutaan US jutek-jutek. Tapi setelah saya sapa-sapa gembira bonus senyum manja, mereka membalas dengan hangat kok. 
Yang mau pipis, di sinilah toilet berada! 
Dokumen utama pun diambil, lalu kami masuk ruangan ketiga. Oh, kirain tadi itu wawancara final! 

Masuk ruangan tiga dikasih nomor grup. Saya kebagian grup 1 dong—terima kasih GMT +8! Di ruangan ini kami menunggu giliran untuk scan semua jari. Kelar tempel-tempel jemari, kami bergeser ke ruang sebelah alias RUANG PENENTUAN! Rasanya kayak mau sidang skripsi, deh. Menebak-nebak apa yang akan ditanyakan, mengulang-ulang apa yang akan dijawab. 

“For group 1, please come to window 8!” 

Kami pun berbaris menuju loket 8, yang menyerupai tempat pembayaran tiket kereta. Tanpa kursi dan terhalang kaca, ada wanita kaukasia berwajah dingin siap mewawancarai kami. Saya kebagian nomor dua! 
Ah, tenang-tenang. Saya mengingat pengalaman birokrasi rumit selama tinggal di Saudi, berusaha meyakinkan diri kalau wawancara ini masih level biasa saja. Tapi tetap dongkol kan, kalau ditolak. Ah, kamu bisa! Bisa e-ek di celana! AH, DIAM! 

Pemohon pertama, seorang pria parlente, menjawab pertanyaan dengan tenang. Saya tentu saja nguping demi bocoran! 
“Mau apa ke Amerika?” 
“Liburan.” 
“Ke mana saja?” 
“West Coast.” 
“Sama siapa?” 
“Tunangan dan calon mertua.” 
“Kerja di mana? Boleh lihat buku tabungannya?” 

Seakan latah, saya ikut melantunkan setiap jawaban pribadi dalam hati, plus buru-buru melihat isi map yang saya peluk segenap grogi, memastikan semua dokumen pelengkap ada di sana. 

“Maaf, anda belum bisa ke Amerika sekarang.” Wanita itu memberikan selembar kertas berwarna merah ke pria parlente itu! 
Ya ampun, serius? Obrolan yang tampak tenang dan meyakinkan itu ternyata berakhir sedih. Saya mengharapkan adanya konflik sebelum penolakan, agar bisa menerka-nerka apa yang tidak boleh saya katakan. 

Rasanya ingin bertukar tempat dengan dua orang di belakang saya, ingin menguping lebih banyak pertanyaan lagi. Tapi wanita itu keburu menatap mata saya. Ya udah deh, ayo tancap, Cuy! 

“Good morning!” Sapa saya mencoba ringan tanpa beban. 

“Good morning. What's your name? Why do you want to travel to the USA?” 

Saya ingat petuah sahabat saya yang selalu lolos saat memohon visa; Bang Ben, untuk langsung menjawab detil pertanyaan ini, jangan cuma “mau liburan” saja. 
Jadilah saya menjawab seperti ini: “Saya berencana nonton konser band di Los Angeles akhir Mei. Selain itu, saya juga ingin menulis tentang Los Angeles, San Francisco, New York; mulai dari pagelaran seni sampai kuliner, karena saya suka makan.” 

“Jadi, anda penulis? Sudah berapa buku yang diterbitkan?” Tanyanya lagi, dengan kelopak mata yang  menyipit.

Aha, untungnya saya mengikuti kiat teman baik saya, Wine; yang sampai harus mengajukan permohonan visa US ini tiga kali; bawa hasil karya kita untuk menguatkan bukti pekerjaan / hobi! 

“Ini buku terbaru saya, salah satu setting-nya di London,” Saya menempelkan Kedai 1002 Mimpi ke kaca, agar wanita itu bisa melihat jelas, “Nah untuk setting buku berikutnya, saya akan menulis tentang kota-kota di Amerika.” 

Hey, sebuah senyum manis tersungging di bibirnya! Aih, semoga pertanda baik! 

“Apakah buku kamu yang terbaru nanti sudah pasti akan diterbitkan? Apakah sudah menandatangani kontrak untuk buku selanjutnya?” O-ow, terdengar seperti pertanyaan jebakan. Semoga gak salah jawab! 

“Not yet. I work as an editor, but I write books for my pleasure.” 

“Bagus, karena kalau sudah ada kontraknya, anda membutuhkan visa yang lain. Congratulations, your visa is approved!” 

Haa, serius? Segitu aja? Tabungan, surat referensi bank, ijazah kuliah, surat rekomendasi kantor, bookingan pesawat dan hotel gak dilihat?!! Ih jadi ngapain kemaren nyusahin orang banyak? Eh, Alhamdulillah kali! Kok tetep protes udah dikasih kemudahan, ya! 
Alhasil saya keluar ruangan membawa kertas putih dengan hati tenang dan bahagia!


Di luar gedung, saya mengintip orang-orang yang mendapatkan kertas merah, rata-rata alasan visa tidak disetujui karena “Anda belum dapat menunjukkan bukti ikatan keluarga yang kuat, ikatan sosial atau ekonomi yang cukup untuk menunjang kehidupan di luar AS.” 

Alasan lain ditolak adalah: 
“Anda tidak dapat menunjukkan bahwa anda memenuhi syarat atau dan/atau rencana pendidikan anda memenuhi syarat untuk mendapakan visa non imigran sesuai dengan yang anda ajukan."   

“Anda telah menyalahgunakan penggunaan visa non imigran sebelumnya.” 

Oh ya, selain lembar merah dan putih, ada juga lembar hijau apabila mereka butuh informasi tambahan dan kuning kalau permohonan dikenakan proses tambahan. 

Nah, kalau mengambil intisari semua kiat teman-teman yang telah saya buktikan, yakinkan pewawancara kalau kita akan 'berfoya-foya' di sebuah tempat di Amerika tapi pasti akan kembali ke tanah air karena kita punya & bangga dengan pekerjaan di Indonesia! Kecuali kalau lamar visa kerja ya, tentu beda perkara. 

Misalnya: “Karena saya seorang arsitek, jadinya ingin berkelana ke Washington, Philadelphia, Denver, karena kota-kota itu termasuk Top 10 Cities for Design in America.” Jangan lupa sambil pamerin blue print arsitektur terkece yang pernah dibuat!

Atau, "Saya pengin jalan-jalan ke San Francisco, Boston, Nashville, Austin dan kota-kota yang dinobatkan Forbes sebagai America's most creative cities. Jadi pulang-pulang saya bawa banyak inspirasi dan bisa kembali kerja dengan menyenangkan di kantor advertising agency saya," sambil pamerin print-ad terinovatifnya!

Bila perlu, googling jadwal konser band dan restoran terbaik di kota yang akan kita datangi buat bahan obrolan kalau terasa ada jeda. Anggap saja ini kencan menuju jadian! 

Oh ya, kalau merasa nyaman jawab pakai bahasa Indonesia juga mereka gak masalah, kok. Kita kan mau jadi turis, bukan lamar jadi warga negara!

Agar hati lebih terang benderang, berikut ada pertanyaan-pertanyaan yang sempat menggelayuti hati dan diberikan langsung jawabannya oleh Kedutaan Amerika





Yang masih misterius adalah jawaban untuk pertanyaan "Berapa minimal uang di rekening?" 
Ada yang menyarankan $5000, ada yang bilang $10000, ada juga yang cukup menenangkan; “Yang penting bisa bikin yakin si pewawancara kalau elo gak akan jadi gelandangan di Amerika.” 
Jadi siapkan jumlah tabungan minimal bisa buat bayar tiket pp pesawat + hotel + makan + transportasi selama di Amerika. 

Ah, semoga yang baca postingan ini dikasih rezeki berlimpah dan kemudahan wawancara visa, AMIN!