Search This Blog

Sunday, July 25, 2004

Schizophrenia is a chronic, severe, and disabling brain disease.

Beberapa sahabat selalu nganjurin gue buat berobat ke psikiater, karena mereka ngerasa telah menemukan kelainan dengan cara berfikir dan cara gue memandang dunia. Tapi anehnya, gue juga ngerasain kalo diri gue ini emang sering sekali 'berbeda' dengan individu lainnya.
Sayangnya, gue gak bisa mendeskripsikan apa 'kelainan' gue ini, tapi orang akan tahu setelah setidaknya menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam bareng gue..

Gue normal!!!!

Gue nggak gila!!!

Tapi ternyata itu semua SALAH.. gue sadar setelah ketemu dengan orang-orang di 'dunia luar'. ('dunia luar' = dunia dimana terdapat komunitas orang-orang yang berseberangan dengan ruang lingkup pekerjaan dan komunitas hidup gue sehari-hari ).

Ternyata, sesuatu yang gue anggap 'biru' selama ini, bukanlah biru.

Ternyata, sesuatu yang saya anggap 'pulpen' selama ini, bukanlah pulpen.

Gue baru sadar, selama ini gue ngerasa normal (atau setidaknya merasa di akui orang-orang terdekat) adalah karena gue berada di lingkungan yang penuh dengan orang-orang yang mempunyai karakter, pikiran dan cara pandang yang nggak jauh kaya gue.

"Kita tidak bisa mencium aroma tubuh sendiri karena indera penciuman kita sudah terbiasa dengan aroma tersebut"

"Tidak akan ada yang mau makan nasi yang ditempatkan di pispot yang masih baru sekalipun..karena otak kita secara otomatis akan selalu mengingatkan pispot dengan kotoran"

Maaf kalo analogi diatas gagal..Tapi bagaimana kalo yang ini...

"Orang gila akan tampak normal di rumah sakit jiwa, karena dia berkumpul bersama orang-orang yang serupa"

"Narapidana di sebuah penjara akan semakin terasah kemampuan kriminalitasnya, karena ia akan banyak berdiskusi mengenai kejahatan bersama narapidana lainnya"

Ada satu kemungkinan, bahwa mayoritas orang di dunia ini memang sudah gila, tapi termaafkan, karena tidak ada yang saling menghakimi gila...

Tapi satu hal yang pasti, dengan semua 'kelainan' atau 'kegilaan', gue (Alhamdullillah!!) bisa bertahan hidup sampai sekarang...

Gue bisa ngeliat langit lebih indah dibanding penglihatan 'orang biasa'....

Gue bisa ketawa melihat dunia, sementara orang lain gak ngerti apa yang gue ketawain....

Gue bisa merasa bahagia pada suasana yang 'biasa-biasa' saja....

Gue bisa merasa luar biasa ketika orang lain melihat gue biasa-biasa aja....

Ironisnya, beberapa sahabat yang nganjurin gue ke psikiater itu, datang dari 'dunia' gue. Bisa jadi mereka semua juga 'gila'..

Mungkin kita harus ke psikiater sama-sama...

My version of Schizophrenia is amazing, wonderful, and fabulous.

1 comment:

  1. itu sih namanya kelebihan. kelebihan yang mensyukuri dan menikmati segala kesederhanaan serta apa apa yang ada didepan mata

    ReplyDelete

Bebas komentar apa saja, asal damai. Terima kasih banyak :*