Search This Blog

Sunday, September 21, 2008

Ada yang nyimpen majalah BOBO tahun 1990-1992, gak ???

Pas lagi bedah buku pertama gue, ada seorang mahasiswi sastra nanya kayak gini,”Apa yang membuat Anda ikut latah menulis dan membuat sebuah novel?”

Gue sempet diem membeku kaya es batu dengernya.
Pertama, karena merhatiin kedua gerakan tangan si mahasiswi itu yang selalu bergerak di setiap suku kata ucapannya. Gerakannya kayak lagi ngusir nyamuk sambil manggil tukang ojek.

Kedua, mimik wajah dan intonasi katanya persis kaya presenter Insert Investigasi. Nada di akhir katanya diteken abis kayak nahan pup. Sorot matanya tajam dan alisnya yang sebelah kanan turun naik kaya ulet cacingan. Serem, deh.

Ketiga, dari pertanyaan & bahasa tubuhnya, kenapa seakan-akan kalo orang latah nulis dan bikin novel seakan-akan perbuatan haram?

Tapi kenyataannya, gue udah nulis jauh sebelum gue nyadar kalo gue suka nulis, loh... (Aheemmm).

*just skip this—all about me! Me!! ME!!!—note, please. You're just wasting your time :)*

Pas pengalaman pertama tulisan dipublikasikan, wuihhh, rasanya melebihi orgasme! Padahal cuma cerita yang bener-bener pendek. Waktu itu dimuat di majalah Bobo, tepat 18 tahun yang lalu, di rubrik Arena Kecil Tak Disangka.

Terus, dua tahun setelahnya, masih di majalah yang sama, surat gue tiba-tiba nongol di rubrik Apa kabar, Bo? Isinya? Gue nanya kalo Bobo itu laki atau perempuan. Soalnya kalo di majalah kan karakter Bobo digambarin maskulin, sedangkan—kalo gak salah—di operet Bobo, karakternya diperankan sama perempuan. Hiihihihi, masih kecil udah asyik-asyik nanyain gender aja :D

Gak tau kenapa, tiba-tiba gue jadi seneng nulis surat, secara semenjak tampil di majalah Bobo, tiap hari pasti ada kiriman surat yang ngajakin jadi sahabat pena. Hihi, belum ada internet, sih! Dan rata-rata kata pembuka suratnya adalah, “Untuk Valiant yang sedang sibuk di meja belajar…” Dan biasanya, di bagian amplop di bawah perangko, ada tulisan, “Makasih Pak Pos!” Haha, kangen, deh (disuratin)! :D

Nah, enam tahun kemudian, surat gue berikutnya nangkring di majalah Hai tahun 1998. Dan… tadaaaa… gue berhasil menemukan majalahnya! Bukti otentik!!



Nah, berhubung setelah gue bongkar gudang, loteng dan kebon pisang depan rumah, ternyata majalah Bobo-nya udah raib ntah kemana.

Jadi—seperti lo baca di judul note ini—yang nemuin tulisan gue di majalah Bobo tahun 1990 – 1992, boleh minta gak? Biar nanti kalo ada yang "nuduh" latah nulis lagi, gue semakin punya banyak bukti yang tak terbantahkan. Hehehe :)

Yang duluan ngasih, gue kasih hadiah Bobo bareng, deh (IH, becanda kali) Gue barter ama novel Joker sama Bintang Bunting, deh? Ya Ya Ya?

Oh ya, balik lagi ke mahasiswi sastra tadi, pssst… dia baru-baru ini “ikutan latah” ngirim draft novelnya ke salah satu penerbit terkemuka di ibu kota.

Loh, kok bisa tau? Ya iyalah, wong gue kerja di situ sebagai editor.
GOTCHA!!!

:)
www.ValiantBudi.com

From Facebookers :

Roslina Verauli wrote
at 9:59am on September 22nd, 2008
Gw ikutan komentar boleh..?!?
Cmon Boehpy..kalo ada orang komentar rada-rada bengis gitu ..blom tentu ditujukan ke lo lagi..
ingat bo..cm looser yg bs kasih komentar sadis..cause they are so small.. komentar itu seharusnya buat dia..cuma jd mantul ke org lain (yg memenuhi image yg dia ingin ada di dia..)..freud bilang itu proyeksi..
tenang dear..just act like a winner..cause you are the winner.
lo..dah ngasilin berapa buku..(2 kl gw ga salah)..dia satu belom tentu ada..
the winner takes everything..except bad comment from nobody..jadi lo ga perlu bobo thn 90an itu dan apapun..tanpa lo buktikan begitu..buku lo dah jadi buktinya..
(ngomong2 gw inget pernah bc pertanyaan gender bobo itu dulu..dan yg nanya elo.ckckck..hahaahaa..dulu gw smp ngumpulin bobo n dibundel..buat dibaca again..n again..)
tetap semangat..!!! sukses ya boehpy..

Valiant Budi Yogi wrote
at 2:04pm on September 22nd, 2008
Hehehe, thx mba Vera :) Moga2 si mahasiswi mahasastra itu baca. Hihi!

Tapi majalah Bobo-nya tetep pengen nyari, mau gue kasih pigura dan taro di ruang tamu :D

Nurani Amalia wrote
at 6:47pm on September 22nd, 2008
Ngomongin latah melatah, boleh latah ikut ngirimin naskah novel gue ke penerbitan loe kan pak? eheheh...

Arief Rachman wrote
at 7:17pm on September 22nd, 2008
ooh..rumah lo di sekeloa....
tampak ga relevant..hehehe
biarkan aja si mhs sastra itu mengonggong, toh pada akhirnya lo akan berlalu..
lagian yang bukunya laris siapa..bukan dia kan
lagian yang bukunya udah dua beredar siapa
bukan dia kan
lagian

Valiant Budi Yogi wrote
at 1:49am yesterday
>>Nurani Amalia wrote Ngomongin latah melatah, boleh latah ikut ngirimin naskah novel gue ke penerbitan loe kan pak? eheheh...

BOLEH banget :) Ditunggu yaaa...

Ah Arief, makasih loh, selalu menjadi pembelakui.. Hahahaha!

Andrie Ruliansyah wrote
at 7:42am yesterday
temen gw gawe di bobo bud.. mu ta tanyain?

Valiant Budi Yogi wrote
at 1:30pm yesterday
Wahhh mau dooong mau doooong mau doooong =)

No comments: