Search This Blog

Monday, January 26, 2009

Ketampar Jakarta

Apa yang pertama kali melintas di pikiran lo, kalo liat koper/tas travel besar teronggok di pinggir jalan raya?

Sambil situ mulai ngebayangin, gue cerita dikit, ya…
Jadi pernah pas tengah malem mau balik ke kosan, tiba-tiba mata gue nangkep sebuah tas travel putih gede nongkrong di tepi jalan raya. Tanpa diminta, bulu kuduk gue mendadak ereksi… Alhasil gue langsung merem sambil nginjek pedal gas dalem-dalem.

Kalo saja ini terjadi setahun yang lalu, mungkin gue gak akan ngacir kayak babi kecepirit gitu, tapi justru bakal menghentikan mobil dan ngarep kalo tasnya berisi duit atau bongkahan batu berlian.

Tapi sekarang?
Hiiii seram! Sebelum terlalu jauh mengharapkan berlian, siapin mental aja dulu buat ngeliat potongan badan.
Kalo "beruntung", potongan badannya juga dilengkapin cacahan kepala, kaki, dan tangan.

Keparnoan ini bermula dari kejadian kurang lebih 8 bulan yang lalu, saat orang-orang deket kompleks kosan ribut sama penemuan koper berisi korban mutilasi yang superheboh itu.
Dan emang “kebeneran” banget, lokasi penemuan potongan daging manusia ini merupakan rute yang sering gue lewatin kalo tengah malem pulang gaul. Dan setiap kali kepaksa melintasi TKP tersebut, gue jadi serba dilema; mau ngebut ngeri nabrak pohon; mau merem ntar malah nabrak orang nyebrang. Masa mesti nambah daftar mayat lagi? Ih, amit-amit, dah!

Dan sialnya setelah peristiwa nahas tadi, bagai sebuah wabah berdarah, koper demi koper berisi potongan mayat terus ditemukan, dari danau sunter sampai tol Priok.

Mungkin inilah kenapa gue jadinya agak-agak ketampar sama iklan pariwisata Enjoy Jakarta yang sering diputer di TV nasional sejak sebulan yang lalu.

Iklan ini dibuka oleh abang dan none cakep yang bakal siap nyambut kedatangan kita tiap dateng ke ibu kota dengan sapaan hangatnya, ”Selamat datang di Jakarta….” Duh, beda banget, deh, sama “sambutan” mbak-mbak atau mas-mas bermuka letih penuh peluh, sambil ngasih kembalian uang di pintu tol Jagorawi :).

Terus bagian yang paling nendang, pas narator iklannya mendeskripsikan Jakarta sebagai kota yang nyaman... (kata si None-nya,"Habiskan waktu dalam suasana nyaman....")
Mungkin buat warga yang sehari-harinya gak ada pilihan laen selain terjebak kemacetan, diserempet kopaja, diseruduk busway, dan ditodong kapak merah, bakal agak-agak bingung dengan pernyataan ini.

Dan kalo aja gue gak pernah ketemu pocong atau terbius dengan teror koper berdarah tadi, pasti bisa ikut menikmati suasana nyaman sambil gabung dengan sang none yang digambarkan lagi asyik bobo-bobo cantik menikmati “pesona liburan”…..
(sambil tetep sigap kalo-kalo ada geng kolor ijo lagi sibuk mengintai).

Ah... mungkin guenya aja yang belum terlalu mengenal Jakarta, jadinya Sang Ibu Kota pun belum bisa nyambut gue dengan penuh cinta.

Tapi kalo boleh ngasih saran, mungkin ada baiknya kalo iklan pariwisata ini meniru kebiasaan iklan kartu provider HP; diberikan tanda bintang dan keterangan kecil, jadinya kayak foto di bawah ini…


Ikutan ngasih komentar, yuuuk, di sini!

You must sign up for Facebook to add or see all comments.
Already a member? Please login
Already login?