Search This Blog

Thursday, September 27, 2012

Aksi pemerasan di belokan Teuku Umar - Dago


Di sebuah sore cerah ceria sepanjang jalan Dago Bandung, saya lagi asyik nyetir menuju Warung Ngebul.

Saking cerahnya, saat itu semua terasa akan baik-baik saja. Dedaunan keemasan melayang-layang seakan ikut merayakan kegembiraan. Bahkan seorang akang-akang polisi cepek pun sampai gegulingan di tengah jalan saking meriahnya sore itu!

Hey. Tunggu. 
Gegulingan di tengah jalanan padat sepertinya bukan bentuk kegembiraan yang wajar. 
Saya melambatkan laju mobil, kebetulan area pertigaan Dago-Teuku Umar mulai padat merayap. Mungkin mereka juga tertegun dengan aksi gegulingan ini.

Si akang yang terguling itu kini pada posisi seakan sedang push up tapi ingin kentut. Salah seorang rekannya yang juga berprofesi polisi cepek menghadang mobil minibus putih sambil teriak-teriak menunjuk si akang yang push up kentut itu.

O-ow. Benakku segera mereka ulang apa yang terjadi.

Rupanya mobil minibus putih tadi melindas kaki si akang polisi cepek ampe keguling-guling gitu. Hhhm, agak aneh, sih. Saya membayangkan kalau kaki saya yang kelindes pelan-pelan, saya hanya akan jatuh terduduk meraung kesakitan dan tidak punya waktu untuk keguling-guling menggelinding. Kecuali kalau setelah kelindes ada sepeda motor yang ikut nyeruduk. Ah, tapi itu kan teori sok tau versi saya saja.

Posisi mobil saya akhirnya melewati mobil sang pelindas si polisi cepek yang telah menepi di pinggir jalan. Pengendaranya seorang ibu muda berjilbab. Raut wajahnya panik. Iyalah, masa make-up-an.

Entahlah, ada yang tidak beres. Kecelakaan ini tampak terorganisir. Saat si akang terguling-guling, lalu temannya langsung sigap menghadap mobil, seperti melihat koreografi tari yang sudah melalui proses latihan rutin. Ah, semoga ini hanya pikiran buruk saya saja.

Sayang, mobil di belakang mulai membunyikan klakson meminta saya segera melajukan mobil. Padahal saya yakin, mobil di belakang pun tak sabar ingin menonton apa yang saya lihat. HUH!

Beberapa saat setelah beres-beres di warung, teteh (kakak perempuan) saya datang dengan raut wajah menahan amarah. Mungkin PMS campur diare. Tapi sebelum saya mulai investigasi, kakak keburu meledak, “Kurang ajar! Masa tadi gue di belokan Teuku Umar-Dago ada yang...”
“..pura-pura kakinya kelindes terus guling-guling?!!!” Sambung saya gak kalah histeris!

Dan ternyata benar. Kakak saya ikut jadi korban. Tata caranya sama. Sang target sepertinya wanita yang menyetir sendirian. Saat mobil berbelok dari Teuku Umar menuju Dago atas (ke kanan), si akang guling-guling menyodorkan sepatunya yang tampak kedodoran ke arah ban mobil. 

Sandiwara pun dimulai!
Setelah akting jumpalitan-gegulingan-kesetanan, teman si akang tadi akan menghadang mobil dan meminta pertanggungjawaban.

“Gimana atuh itu teman saya kakinya kegeleng (kelindas). Minta uang buat ke dokter!”

Kakak saya segera membuka jendela, dan entah kerasukan setan dari pohon apa, ia lalu ngamuk sambil  nyerocos dalam bahasa Sunda, “Kagak usah nipu lo! Gue orang sini dan sering lewat sini! Lo berdua komplotan mau meres gue! Pura-pura kelindes lagi! Kalo mau duit, ayo sini gue bawa ke kantor polisi!”

Si polisi cepek pun terkejut. Langsung mundur dari pentas drama, kemudian perlahan menjauh.

BAH!!

Eits. Kisah belum selesai. Karena saya semakin yakin mereka adalah komplotan penipu dan pemeras, akhirnya saya melaporkan mereka ke polisi sektor Coblong. Mereka berjanji akan segera meringkus geng aktor kelindas ban itu.

SELESAI?

Oh, sayangnya belum juga. Beberapa hari kemudian, ternyata duo dinamik polisi cepek kembali beroperasi di belokan Teuku Umar-Dago. Entah kenapa kami ingat wajah, gaya, dan sepatu kedodorannya. Jadi gak bisa buat gak cuek.

Sebelum ada aksi gegulingan lagi, saya langsung melapor polisi via telepon.

“Halo Pak, mau lapor saat ini komplotan yang suka pura2 kelindas ban lagi beroperasi di Teuku Umar-Dago.” Kirain udah ditangkep!

Mau tau jawabannya gak? Saya gak tau kamu bakal kaget atau nggak. Kalo saya sih kesel.
“Ooh, silakan anda tangkap mereka. Lalu bawa sini.”

Suasana mendadak hening empat setengah detik. Kenapa saya yang mesti nangkep, ya?

“Emang bapak dan teman-teman gak bisa nolong buat tangkepin mereka ya?” Tanya saya penuh nada aneh, seakan lagi minta tolong tukang bajigur.

“Yah, takutnya kan nanti pas kami ke sana, komplotannya udah hilang.”

Heuh?
“Kalo kita tangkap bareng-bareng gimana, Pak?” Tanya saya tidak putus asa.

“Anda telepon saja Polrestabes Bandung.”

Ya ampun, jadi harus saya juga yang nelepon (lagi)?

Akhirnya saya memutuskan menelepon delivery pizza, saking terpukul hati ini.

Jadi nanti kalo saya ngelaporin rampok yang lagi ngejarah rumah tetangga, apa jangan-jangan saya juga yang disuruh nangkep?

Dan, kini, si akang tukang gegulingan masih wara wiri belokan Teuku Umar-Dago. Mau liat penampakannya? 
Jangan khawatir karena kakak saya berhasil memotret profilnya!

GOTCHA!

Bila polisi belum juga tergerak untuk menangkapnya, maka kami saat ini sedang mengatur taktik untuk bisa menangkap si komplotan ini tepat ketika sedang beraksi.

KAMU MAU IKUTAN?
Mari bergabung dengan komplotan kami! 
DRAMA DIBAYAR DRAMA!

*bersambung kapan-kapan*

6 comments:

  1. Baaaang...aku boleh donlot fotonya kah? aku mau kasih liat via BBM ke kakak ku di Bandung. Boleh ya?ya?ya?

    ReplyDelete
  2. Boleh dong, biar kakaknya ikut hati-hati ya!

    ReplyDelete
  3. eh eh eh si akang itu kok kayak aku tau ya mukanya, ini sedang kutilik tilik apa bener yang suka jadi polici cepek di depan borromeus dari arah ganesha juga. soalnya aku tiap pagi nyebrang disitu dan sumpah gengges, kalo dikasih kurang dari gopek tuh ngeliatin mobil sampe jauh, mungkin besok aku bukain cek aja disitu *gaya*

    bener ga ya si akang yag itu..... *kembali menilik foto*

    ReplyDelete
  4. iya bang, khawatir kakak saya perempuan sering nyetir sendiri lewat situ. makasi ya bang

    ReplyDelete
  5. Halo Shasyaaaaa!

    Waah kalo ditilik dari lokasinya yang berdekatan, kayaknya iya deh! Kalo doi pura2 kelindes, langsung telepon gue yaa! *berasa supermen*

    ReplyDelete
  6. Calling calling to birocration of Indonesia, huh polisi!

    ReplyDelete

Bebas komentar apa saja, asal damai. Terima kasih banyak :*