Search This Blog

Tuesday, October 02, 2012

Kenapa mau menulis lagu untuk SM*SH?

Kamu pasti pernah kan, mengalami sebuah hari menyebalkan dan sialnya berkemungkinan besar akan berulang keesokan harinya dan malam hanyalah jadi jeda yang melelahkan?

*panjang ya pertanyaannya*

Ketika rokok dan kopi tidak juga tuntas mengusir kegundahan, tiba-tiba paha kiri bergetar oleh sebuah mention twitter.

: Ahh menang !!! \(´▽`)/cc : Pencipta :D

Hah menang apa? Siapa, kenapa, dan di mana?
Saya lalu kembali sok cool dan merenungi hidup di beranda warung sambil pasang wajah sok ganteng.

Tiba-tiba paha kembali bergetar hebat! Mendadak ada notifikasi mention bertubi-tubi, whatsaap, sms, kartu pos, telegram, ...

Oalah ternyata, lagu Ahh yang liriknya saya tulis menang jadi lagu paling inbox di Inbox Awards 2012. UWOOOOW!!!

Berhubung di warung gak ada TV, jadi saya nunggu para sukasmashblastrelawan buat mengunggah video di Youtube. Dan ternyata tak perlu menunggu lama.

Waah, terharu sekali melihat para pembawa acara ikut menyanyikan lagu Ahh yang mana liriknya terpampang di layar besar panggung. Sungguh air mata yang belo indah ini mengucur perlahan. Boleh tanya tukang parkir pasar Simpang sebagai saksi kuncinya.


Jadi keingetan.
Waktu nulis lagu ini, saya gak nyangka akan ada acara menang award atau jadi soundtrack sinetron CCC2 segala. Kalo gak percaya, boleh tanya Bang Ben (, salah satu penemu SM*SH yang juga merupakan sahabat saya sejak kami sama-sama bekerja di HardRock FM Bandung.

Gini ceritanya. Sepulang saya dari Saudi, Bang Ben cerita tentang proyek barunya. "Gue lagi bikin boyband nih, ini video pertamanya."
Yak. Doi mamerin video musik I Heart You yang You Know Me So Well itu, ciptaan  Decil (, Bunny (), Sogi (), Hendi; temen-temen saya juga pas kerja di Oz Radio Bandung. Iyah, saya memang penyiar kutu loncat.

Buset. Agak nekad juga nih Bang Ben, pikir saya saat nonton video itu. Di era band-band melayu yang bikin kangen itu, doi bikin grup cowo imut jejogedan?

"Nah, justru itu. Seger kan liatnya?"

Saya tentu tertawa. Seger-seger agak pengen nonjok sih. Terutama yang rambutnya pirang. HAHA! Sorry Bisma!

Tapi Bang Ben ini memang cerdas cendekiawan yang selalu sigap membuat proyek yang dilengkapi seribu langkah ke depan, lengkap dengan berbagai fitur alternatif jalan keluar untuk keadaan darurat. Intinya sih, doi tau apa yang sedang dan akan dia lakukan bersama SM*SH.

Sementara saya? Saat itu terus terang pesimis. *maaf Bang Ben*

Tapi setelah melihat betapa sekelompok orang sebegitu bencinya sama SM*SH (ow, tentu saya tidak buta. Kebencian itu masih berseliweran di timeline dan bagian komentar Youtube), saya mendadak punya ambisi tersendiri.

Orang berhak beropini apa saja, seburuk apa pun. Tapi kalo saya sih memilih turut serta membangun SM*SH jadi lebih keren! Ahey!

Lalu saya menawarkan diri menulis lirik beberapa lagu untuk album perdana SM*SH.
Bang Ben dan partner: Bang Dean juga merekrut orang-orang kece yang andal di bidangnya seperti di antaranya: Audi Mok (produser musik asal Malaysia untuk Siti Nurhaliza dll), juga ada Bowo (vocal director-vokalis Duo Soulmate).
Saya betah banget kerja di studio bareng Bowo. Liat doi mengajarkan olah vokal dan harmonisasi melodi membuat saya diam-diam ikut belajar dan ingin membuat solo album. 

Hasilnya? Keren atau gak keren, tentu karya ini tidak akan bisa memuaskan semua telinga dan selera.
Kalo ternyata memang udah keren, tentu gak boleh sok keren dan bisa lebih keren lagi.

Jadi kalo dulu sempat pesimis, sekarang saya bangga bisa bergabung dalam tim kreatif album SM*SH perdana ini dan salut dengan para personil yang ternyata bermental tangguh di tengah-tengah cibiran dunia maya dan kejamnya panggung hiburan.

Tenang, kawan!
Mereka bebas mencibir, kita bebas berkarya! Cukup adil bukan?
 
Oh ya, terakhir, terima kasih Morgan Oey udah menyebutkan nama lengkap saya di panggung kemenangan!
Sampai jumpa di album kedua!




KAU BUATKU APAAAAAA???!!?

4 comments:

  1. Tapi beneran deh...lagu ini bikin 'nengok' dan cari tau siapa yg nyanyiin...terus ikutan nyanyi ketimbang single pertamanya...so much worth it to win lohhh ^^

    ReplyDelete
  2. GERAAAAAAAAA~~~~HHHH!!!

    ReplyDelete
  3. saya suka banget baca kisah awalnya, terutama soal kecendikiawanan si mas ituh.. Sebagai orang yg baru belajar idup murni dari proyek, saya jadi terlecut dan terinspirasi deh.. Salam kagum saya buat si mas ituh yah, Vab.. *and you, tentu*
    **ohiya, btw.. Ini @Udo_Indra **

    ReplyDelete
  4. Congratz & terus berkarya, Vabyo!! BTW smoga Papanya cepet sembuh ya :)

    ReplyDelete

Bebas komentar apa saja, asal damai. Terima kasih banyak :*