Search This Blog

Sunday, December 23, 2012

Kejutan makan malam untuk Mamah.

Ada rasa bersalah ketika begitu syahdu merayakan hari ibu di twitter, tapi pas papasan dengan mamah di dapur, saya cuma melengos planga plongo.

Tersadar ada yang tidak benar, maka saat sore menjelang malam, saya memutuskan ngibrit ke Setia Budi supermarket (Bandung) untuk membeli bahan-bahan berikut ini.


- olive oil 500 ml = 46500 (kepake 1/2 botol)
- whipping cream 500 ml = 47000
- bawang putih 500gr = 9750 (isi 12 siung, kepake 2 siung)
- keju parmesan (lupa ukurannya, tingginya 1/2 botol olive oil) = 52000
- pasta 1 kg = 21950
- daun Kemangi 1 iket = 3000
- kacang pinus 50gr = 29500

Oh ya, itu ada harga tercantum bukan mau pamer kekayaan, kok. Tapi buat siap siaga aja karena biasanya kalo nulis bahan suka pada nanya harga. Yah, kalo nemuin yang lebih murah, jangan marah.

Diitung-itung total belanja nyampe 200 ribu, tapi jangan sedih; kita bisa membahagiakan 7 orang gembul yang masing-masing dapet 2 piring atau 14 orang dalam keadaan lapar normal atau 28 orang yang lagi diet atau ... *gak abis abis*

"Hey tunggu!" Sebuah suara cempreng menghantam jiwa. "Kita mau dibikin apa?" Tanya si daun kemangi memelototi saya penuh dendam. Hih, daun kok belagu amat.
"Saos Alfredo," jawab saya singkat.
"Hah, pesto kali?" Ujar si botol olive oil dengan nada suara mengejek.
"Iya, pesto Alfredo," hardik saya sambil memutar-mutar bola mata.
"Loh, Alfredo itu pasta dingin, bukan saos!" Bentak bawang putih, tak ingin kalah tampil.
"Lah, itu di internet ada resep saos alfredo?" Tangkisku begitu sengit,
"Yah, itu maksudnya saos pesto buat pasta alfredo," kali ini kacang pinus menjegal tangkisanku. "Sama saja kayak saos tomat versus saos barbekyu," sambungnya dengan nada intimidatif.
"Loh, tapi bukannya alfredo itu versi creamy-nya pesto?" Saya mulai menggulung lengan baju dengan tangan bergemetaran.
"Sudah sudah, ini hanya perbedaan istilah saja," Tiba-tiba si keju parmesan melerai kami dengan suara halus lembut. "Di Italia sendiri gak ada istilah 'saos Alfredo', ini sih resep buatan Amerika."
"Hah? Tapi perasaan pas saya ke Roma pernah nemu saos ini di salah satu cafe?" Tanya saya dengan suara tenang tapi tentu tetap angkuh, dong.
"Itu pasti restoran khusus turis! Mungkin juga yang punyanya keturunan Amerika!" timpal si bawang putih kembali menggusarkan suasana.

AH SUDAH SUDAH! Mau masak aja kok migren gini!

Tanpa basa basi busuk langsung saja saya masukkan 1 iket daun kemangi tanpa batang +  kacang pinus + 2 siung bawang putih ke blender + 1/2 botol olive oil sampai melebur penuh cinta.. diikuti 1/2 batang keju parmesan, dan 2 kotak whipping cream.
Ooops, kalo ngintip resep orang (Amerika) sih, cream ini harusnya dipake pas masak pasta. Tapi saya khilaf.
Jadi ya maaf, kalo pesto yang biasanya berwarna kayak sambel ijo jadi tampak bagai jus alpukat.
 
 

Lalu guyur saos creamy yang sungguh lezat aduhai ini ke pasta dan perangkat penggembira seperti baso, daging asap, sosis, atau apa pun yang kausuka. Jangan lupa taburi dengan serutan keju parmesan!

 

Saya pribadi sih lebih suka saosnya membanjiri piring dan mengguyur dada kalo tidak ada yang jijik. Tapi buat yang gampang eneg, masaknya ampe agak kering-lembab dikit lah ya. (?)

Untuk kejutan tambahan setelah makan, belah alpukat mentega dan serut gula merah di atasnya.
(Kalo ini sih gak perlu diperdebatkan apakah resep Italia atau Amerika; udah dapet turun temurun dari uyut di Garut) 



SELAMAT MAKAN, MAMAH!
Suka gak suka, semoga tetep sayang ya!

XOXO
vabyo! 
budi!

Eh, dan ini bonus video buat kamu, semoga bermanfaat.


Cerita lebih lanjut tentang Misteri Saos Alfredo, bisa baca di sini.

3 comments:

  1. Waaahhh masih exist!
    gue baru baca buku lo yg kedai 1001 mimpi :D *telat yak!
    awalnya gara2 naik haji kemaren, dan gue jadi tertarik kultur arab yang meskipun konon menyebalkan. googling, ketemu deh kedai 1001 mimpi. Beli bukunya di belbuk dot com.

    Thanks for sharing ya.

    Saudi, tepatnya mekah dan madinah, sejauh ini (25 hari di sana), masih ngangenin. Hehehe.

    Mampir ya ke putalesulfato.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. itu gak ada campuran amunisi BOTOL KECAP? semoga. Yummiii baby, laper teruss...

    ReplyDelete

Bebas komentar apa saja, asal damai. Terima kasih banyak :*