Search This Blog

Thursday, November 20, 2008

Cerita HOROR buat yang gak pake KOLOR

Butuh keberanian ekstra BESAR buat gue nyeritain peristiwa traumatis ini.

Tapi kalo lo bener-bener tega… ya udah, ambil keripik pisang asin manis dan secangkir green tea latte… terus bacanya di tempat terang yaa…. Jangan lupa lepas kolornya…

Kurang lebih 10 bulan yang lalu, gue pindah kosan ke daerah Jagakarsa. Kalo lo belagak bego gak tau Jagakarsa, lokasinya masih Jakarta Selatan kok, cuman kalo kepeleset dikit langsung nyampe ke Jawa Barat….
Kesan pertama kali liat Jagakarsa, gue langsung teringat kota Bandung daerah Antapani campur Cigadung dikit. Lebar jalannya segede jalan-jalan di Antapani, tapi pepohonannya serimbun pohon-pohon di Cigadung. Adem dan sejuk! Gak heran banyak selebriti dan pejabat milih rumahnya di daerah sini. Beberapa sutradara juga sering pake lokasi ini buat tempat syuting. Jadi gak usah kaget kalo pas numpang kencing di pohon bambu, tiba-tiba nemuin Angelina Jollie lagi beli rokok kretek di warung depan.

Sayangnya… rasa nyaman, damai dan tentram ini, hanya terasa saat matahari masih terlihat…
Begitu malem menjelang, suasana jadi agak mencekam. Pepohonan rindang yang kalo sore terlihat meneduhkan, pas malem malah kerasa mengerikan. Kayak jin kribo raksasa lagi mengintai manusia untuk santapan malamnya. Hiiii! Dan sialnya, sepanjang jalan menuju kosan dikelilingi tanah kosong dan kebun pisang…..

Siang nyaman, malam seram....


Suasana ngeri makin bertambah dengan adanya peringatan Sang Juragan Kosan gue, “Kalau pulangnya lebih dari jam 1 malem, mendingan nginep di rumah temen aja….”

“Lah, kenapa? Mahal-mahal bayar kosan, ngapain juga mesti nginep?!” tanya gue mulai curiga. Dia cuma tersenyum tipis, gak ngasih jawaban, tapi ngasih solusi—berupa peringatan tambahan, “Ya udah, kalo terpaksa pulang jam segitu, jangan lupa tiap tikungan nyalain lampu gede dan klakson beberapa kali….”

Hmmmm... jalan menuju kosan memang sempit (cuma muat satu mobil) dan penuh tikungan tajem. Jadi tanpa dikasih peringatan pun, kalo malem, gue pasti bakal ngedip-ngedipin lampu, takut ada motor ngebut gak pake lampu. Atau uler sancha lagi ngineks (sumpah ya, suka ada uler gede banget lagi nyeberang jalan dengan ngondeknya).

Naah, pas di suatu malem Minggu, gue balik ke kos sekitar jam setengah tiga pagi. Kalo udah jam segituan, jangan ngarep deh, ada orang nongkrong. Kucing bengong aja kagak ada!
Begitu masuk jalan ke arah kosan, atmosfirnya langsung laen. Hawanya dingiiin dan sombong. Pas ngelewatin semeter-dua meter, sih, cingcai, gak ada apa-apa!

Tapi begitu mulai ngelintasin area kebon pisang… kok, sekitar 5 meter di depan—persis di samping jalan, ada guling segede orang? Siapa yang iseng naro itu guling di pinggir kawat duri ya?

Gue langsung nyalain lampu gede mobil, biar gulingnya terlihat lebih jelas….

Tapi, loh… kok… gulingnya sekarang jadi mirip lontong iket?! Abis, ada tali-tali putihnya gitu… dua biji di bagian atas—ngebentuk gelembung kecil, terus gelembung bawahnya lebih lebar dan besar….
Tapi di tengah gelembung besar itu kayak ada lipatan kecil yang… kayaknya… kok.. kaya tangan lagi saling bersentuhan.. ?!

Seketika itu juga, bulu-bulu sekitar tengkuk mulai balapan berdiri. Kalo bulu ketek sih, dari pagi udah pada ngacir—abis dicukur….
Nah, otak gue sempet ngasih label sama benda yang berbentuk lontong lipet itu. Tapi hati gue menolaknya, berharap otak lagi sok tau.

Gue sempet memperlambat laju mobil; ingin memastikan apa yang gue liat, sekaligus jaga-jaga kalo ternyata “benda itu” membahayakan.

Makin deket…

Makin dekeeet….

Brrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr……

Di bagian gelembung bagian atasnya, ternyata ada lobang berisikan seperti wajah manusia…. Putih – pucat – pasi. Dan kayaknya dipenuhi cairan-cairan (atau bubuk?) putih…………

Lebar jalan yang sempit dan mobil gue yang lebar, gak bisa ngasih pilihan banyak; selain buat terus melaju, melewati—melintang lontong lipet aneh yang berada di sebelah kanan jalan itu.

Sampai akhirnya, tibalah gue di posisi “strategis”: benar-benar bersampingan (jarak paling deket) dengan Si Lontong Lipet.

Seakan gak (mau) percaya akan apa yang dilihat, namun hati tak bisa lagi menolak pernyataan otak.. bahwa lontong lipet itu adalah…

POCONG!!!!

Gue sebelumnya memang pernah melihat hal-hal “aneh”, tapi biasanya sebates benda abstrak menyerupai asap berwarna hitam pekat. Ada yang bentuknya kaya uler, laba-laba, bahkan Madonna. Tapi, belum pernah liat bentuk yang bener-bener absolut, persis kaya gambaran di pelem-pelem horor Indonesia.

Gue pun langsung memalingkan wajah ke depan, menancap gas lebih dalam, tapi mobil tetep kerasa pelan. Jarak ke kosan yang tinggal tiga meter lagi serasa tiga puluh KM. Dan bagian paling males berikutnya adalah… membuka gembok pager! Malem-malem normal tanpa pocong aja, gue sering merinding sinting kalo buka gembok pager, karena belakang gue kebon pisang.Dan.. oh iya LUPA! Ada kuburan juga lohhh. Full entertain, deh! Kalo tiba-tiba ada tuyul nowel-nowel pinggang kan berabe?
Kecuali kalo ada jin baek hati yang tiap gue klakson langsung bukain gembok pager sih, gue mungkin bisa berusaha lebih santai.

Gembok pager bikin keder!


Nah, sekarang bayangin aja kalo lo baru liat pocong yang jaraknya cuma 3 meter dari posisi lo sekarang—lagi usaha buka gembok pager yang suka macet.

Dan gak tau kenapa, saat itu doa-doa pengusir jin tiba-tiba ngilang dari ingatan. Yang gue inget cuma istighfar doang…
Nyampe di kosan, bulu kuduk gue belum juga pegel; masih tetep aja berdiri. Gak ada yang bisa gue lakuin selaen bengong sambil nempel stay cool di tembok. Persis kayak cecak mau mutusin ekor. Gue gak mau ngasih kesempatan buat makhluk “lain” nongkrong di belakang punggung gue. Hiiiiiih!

Setelah nelepon sana-nelepon sini, termasuk sang induk semang kos—tapi gak diangkat, akhirnya berkumandanglah azan Subuh. Alhamdulillah, sumpah lega banget! Gue tiba-tiba ngerasa tenang dan ngantuk. (loh, kok bukannya Solat? :) )

Besok siangnya, gue langsung laporan sama Sang Juragan Kosan. Anehnya, dia kok malah kaget dan ngeri sendiri, ya?! Loh, jadi peringatan gak boleh pulang lebih dari jam satu dan lain-lainnya itu buat apa ya?

Terus pas besoknya lagi, gue langsung semangat curhat sama satpam kantor, sekalian mau ngorek-ngorek informasi mistis, secara do’i kan sering nongkrong di daerah itu sepanjang malem (oh iya, kantor sama kosan gue jaraknya cuman sekilo).
Eh, dia malah asyik-asyik senyam-senyum ngasih selamet, sambil nambahin info tentang adanya keberadaan sahabat-sahabat pocong lainnya; ada anak kecil cewek yang suka nyeberang-nyeberang tiba-tiba ngilang lah, sampai orang yang suka mancing tanpa kepala di rawa-rawa. Aaaaah, too much information! Jadi… ternyata… selama ini… di salah satu kebon pisang ada rawa-rawa?!?!

Hello Pak Shanker?! Ada lokasi buat pelem horor, tuhhh!?

Hari-hari linglung dan penuh kebengongan gue lumayan bertahan lama… kayaknya ada deh, sebulan! Tiada hari tanpa keparnoan. Suara kucing lagi konak gue sangka kuntilanak. Suara anjing dongo gue sangka genderuwo.Dan cateeet; gue tiap malem-pulang gawe mesti ngelewatin tempat kejadian pocong nongkrong....

Sampai akhirnya gue memutuskan pindah kosan! Yah, masih ada kebon pisangnya sih, tapi dikelilingi banyak rumah penduduk, dan preman nongkrong.

Tapi, sumpah, deh, mendingan dicolek preman daripada dikecengin pocong.

Sejujurnya, sampai sekarang gue masih berharap, kalau yang gue liat itu cuman orang jail.belagak jadi Pocong. Tapi kalo ternyata itu memang cuman orang iseng… iiih, makasih yaaa… gue sumpahin lo jadi CONG!!!!!!