Search This Blog

Friday, November 28, 2008

Taman Hina dan Trauma

Betapa sempurnanya diri kita ini, sampai kita ketemu sama orang-orang yang begitu gemar ngingetin “kecacatan-kecacatan” kita.

Gue gak tau kalo gue begitu berbeda sampai gue masuk ke sebuah komunitas paling pertama dalam hidup gue: Taman Kanak-Kanak.

Masa sih, gak bisa nebak gue yang mana?? :P


Anak-anak sebaya sering ngebales senyuman gue dengan pandangan aneh, dan kadang dengan umpatan nyelekit,

“Dasar gembrot!!!”
“Apa kabar si jidat lebar?!!”
“Hiiiii matanya mau coplok hiiii!!”
“Raksasa dataaaaaaang!!!”


Tatapan sinis dan hinaan silet ala sinetron pernah gue rasain. Dan rasanya bener-bener sekecut air mata yang diem-diem netes ke ujung bibir.
Perjalanan menuju sekolah selalu dibarengi perasaan tersiksa dan beribu pertanyaan kayak,”Kenapa gue mesti ngumpul dengan orang-orang yang gak bisa nerima gue?”
“Gue ngerasa baik-baik saja dengan keadaan gue, kenapa orang lain nggak?”
Pengen deh, rasanya dikurung di kamar aja—bareng teman-teman hayalan. Mereka memang gak nyata, tapi justru karena itu gak akan bisa nyakitin gue….

Sebenernya drama ini berawal dari badan gue yang bongsor, jadinya sering bikin gue bingung buat bersikap. Bisa lo bayangin gak, waktu TK aja, badan gue udah kayak anak kelas 4 SD. Jadi jangan belagak shock kalo ada orang nyangka gue idiot karena mergokin gue yang bertubuh “dewasa” ini masih doyan maen ayunan, serodot gaplok, petak umpet... sambil ngemut gurilem sembari enjot-enjotan.

Oh ya, badan besar ini juga dilengkapi jidat nongnong dan mata belo—yang kalo di keluarga gue sih, merupakan anugerah. Jadi kenapa ada orang lain yang ngerasa gerah? Pusing deh, aaah :p.

Tapi, seiring berjalannya waktu, gue akhirnya berdamai dengan keadaan; menjadikan olok-olok sebagai bahan komoditi. Ada kenikmatan tersendiri kok jadi badut demi ngehibur orang-orang. Meskipun hati tetep bisa ngebedain mana candaan dan mana hinaan.

Mungkin ini juga yang bikin gue ngerasa betah kalo bertandang ke negara-negara kaum “gigantis”. Gue ngerasa “normal”. Bahkan kadang ngerasa lebih dihargain karena dianggap sebagai “Duta Indonesia bertubuh Internasional.” Hihihi!
Maaf ya banyak tanda “kutip”. Gak “marah”, kan? Oke, “cukup”. AHHH!!!!

Gue gak pernah ngerasa dendam, sampai akhirnya secara gak sengaja gue ketemu lagi
sama orang-orang yang dulu sering ngatain gue. Begitu liat mukanya aja, hinaan-hinaan masa kecil itu secara mengejutkan terngiang-ngiang lagi. Gue gak nyangka, ternyata gue masih inget secara detail lokasi, suasana, dan kata demi kata saat peritiwa “traumatis” itu terjadi…
Tapi, seiring dengan hati yang kembali tertoreh, gue tersenyum lebar pas ngeliat keadaan mereka sekarang… Karena yang dulu sering ngehina jidat gue lebar, sekarang kepalanya begitu mulus dan licin. Gue jadi bersyukur, meskipun terlahir dengan jidat seluas samudera, tapi batas garis rambutnya bertahan lama…
Terus-terus… yang suka ngatain gue gembrot—gigantis—dan rakus… yeah… gue yang sekarang masih kelebihan lemak aja jadi ngerasa singset berada disamping mereka.… Cihuy!!!

Sebenernya gue gak mau diem-diem ngehina balik... cuma … maaf, ternyata (secara gak sadar) gue nyimpen dendam.
Dan, maaf.. ternyata gue bahagia senang dengan “pembalasan” ini….

Ah, andai aja gue tau dari awal kalo ini akan terjadi. Mungkin gak akan pernah ada air mata terurai, melainkan pelukan pertanda simpati untuk apa yang akan menimpanya di masa depan, dan sebagai ungkapan rasa terima kasih karena segala macam hinaannya itu bisa bikin gue ngehargain perbedaan dan nerima segala hal yang dianggap kekurangan….

Buat yang masih gemar merhatiin cacat... teman, justru adanya cacat yang bikin manusia makin sempurna :)
It’s not a bullshit, so please at least try to be it.



Gue setuju sama Peter Petrelli-nya Heroes pas ngomong,"Life after high school. It gets a lot better."