Search This Blog

Friday, December 19, 2008

Ganggu yang bikin candu

Suka ilfil belanja gak, sih, kalo pramuniaganya terlalu semanget jualan? Kadang baru nengok etalase dikit aja, kita udah dipanggil-panggil kayak anak SD ngajak jajan. Hidung baru ngelewatin pintu masuknya aja, mereka udah teriak-teriak histeris kaya tukang obat kesetanan.

“Ayooo, Mbaaaak, Maaaas, silakaaaaan! Banyak barang baru, nih! Bagus-bagus!”

Pokoknya semakin kita melangkah maju, semakin beringaslah mereka menyerbu…
Kadang yang tadinya kita niat beli sesuatu, malah jadi gak mau….
Abis ganggu!

Cara dagang maniak-penuh antusiasme ini rupanya mulai diterapkan sama salah satu abang DVD di salah satu lapak yang terdapat di pusat kota yang banyak kembangnya….

Jadi ya, ada seorang Abang penjual DVD berlogat batak kental, bener-bener siap siaga nangkep arah pandangan calon pembeli yang dia anggep potensial, dan langsung giat nerangin “sinopsis” DVD yang lagi dilirik. Sayangnya, “sinopsis” yang dia umbar ini cenderung menghina logika. Kalo gak kuat, bisa ngundang angkara dan murka…

Misalnya pas gue kepergok nengok DVD The Kite Runner, dia langsung nyerocos,”Ini rame banget, Bos! Ceritanya tentang orang-orang yang demen nerbangin layangan.” (Heuh?!)

Pas gue ngelirik Stepbrother, dia langsung nyerang, ”Ini film komedi tentang saudara tiri…”

“Kalo Haunted Boat?”
“Film horor tentang perahu berhantu”

Ya elah, cecak yang lagi coli di tembok juga tau kaliii… tinggal nerjemahin judul pelemnya doang :)

Tapi kalo judul pelemnya mulai absurd, dia punya cara nerangin yang lain…

Misalnya,


“Oooh, ini film tentang peperangan”
(Dia langsung “ngejelasin sinopsis” berdasarkan foto covernya.)

Terus, kalo giliran judul dan fotonya yang gak jelas, dia juga punya “rumus” baru:

Contoh,


“Ini filmnya Will Smith yang keren banget!”


“Kalo itu filmnya Brad Pitt sama George Clooney yang bagus banget!”

Rumusnya:
[Ini / itu] + filmnya + {nama aktor/aktris yang wajah dan namanya ada di cover] yang [keren/bagus] banget!

Aaah, 1001 cara, deh, nge-lessnya! :D

Sampai akhirnya, dia ngeh banget kalo gue lagi melototin film ini…



Si Abang langsung komentar, “Wah, kalo film ini sih, ceritanya lucu banget! Dan lucunya itu bukan kelas lucu biasa, Bos!!”

Tadinya gue sempet kagum denger sinopsis-nya yang gak kayak biasanya— terdengar lebih “dalem”—sampai gue ngeliat di sebelah kanan bawah cover ada tulisan “New Kind of Comedy.”
Oh yeaaaah

Kalo diperhatiin, cover Lars and the Real Girl ini tipikal komedi konyol cenderung kacangan, ya? Apalagi pake embel-embel UNRATED VERSION dengan siluet cewek lagi telentang telanjang
Kesan corny-nyanya kentel abis. Jadinya, langsung, deh, gue beli! (loh?).
Ehem, gue sebenernya punya selera film yang cukup baik, kok, percayalah…. Haha!

Begitu nyampe kamar, gue langsung nyetel pelem ini sebagai pilihan pertama…
Tapi perasaan langsung gak enak begitu masuk ke menu option, karena suasananya begitu gloomy dengan iringan lagu mendayu-dayu. Oh, mungkin ini yang dimaksud “new kind of comedy”: gloomy-corny comedy!

Kesan ini semakin kuat di 10 menit pertama. Aura pelemnya begitu kelabu. Terbukti dari langitnya yang beneran abu-abu

[Kalo mau tau sinopsis (beneran)nya, baca aja tulisan-tulisan kecil ini. Kalo males, skip aja ya…]


Chapter pertama ngegambarin karakter Lars sebagai cowok anti sosial nan “misterius”. Dia tinggal di garasi yang bersebelahan dengan rumah kakak laki beserta istrinya. Si istrinya ini udah usaha banget ngajak Lars ke dunia penuh keakraban-kekeluargaan—ngajak makan malem bareng misalnya, tapi selalu ditolak mentah-mentah ama Lars dengan berbagai alesan busuk.

Ampe suatu hari, Lars tiba-tiba secara mengejutkan ngajak kakak plus istrinya itu dinner bareng buat ngenalin cewek barunya. Ajakan ini tentu aja bikin kakak+istrinya terperanjat dahsyat, karena tumben-tumbennya banget si adik mau makan bareng, sama pacar barunya pula!

Tapi apa yang terjadi berikutnya, jauh lebih bikin mereka terkejut hebat. Karena ternyata, cewek barunya ini, boneka aja gitu! Sex doll segede orang asli, lengkap dengan vagina karet. Dan yang lebih ngeri, Lars memperkenalkan boneka seks ini sebagai Bianca, yang ia anggap selayaknya manusia hidup! Jadi sepanjang makan malam yang kelam itu, Lars sering ngajak Bianca ngobrol, juga becanda.

Oh ya, Bianca ini—menurut Lars—gak bisa jalan (ya iyalah!), jadi ke mana-mana pake kursi roda (pintar!). Hal ini dimanfaatin sama kakaknya—yang tentu aja jadi ngeri-ngeri panik lihat adiknya yang menggila—dengan cara ngebawa "Bianca" ke dokter keluarga mereka yang juga merangkap sebagai psikolog.

Dari penerawangan mama Lauren sang psikolog inilah, Lars diindikasikan lagi berusaha untuk berkomunikasi dengan dunia lewat Bianca—pikirannya sendiri; berupa delusi.

Gini kata si psikolog-nya, “What we call mental illness isn’t always just an illness. It can be a communication, it can be a way to work something out…”

Dan emang bener, Bianca berperan lebih dari sekedar boneka biasa, karena “dia” berhasil bikin si Lars menjadi pribadi yang lebih menyenangkan, dan connect sama dunia.

Film ini beda banget dari yang gue bayangin, tapi gak bikin gue lantas matiin TV, malah justru gak bisa berhenti. Mungkin ini juga dikarenakan faktor ke-mental illness-an gue. Hihih.

Yang bikin gue terenyuh, seluruh lapisan warga kompleks (setelah melalui perdebatan dan perembugan) pada akhirnya kompakan buat ikutan menggila, dengan cara ikut berkomunikasi dengan Bianca, seperti yang Lars lakukan. Wow, semua rela menjadi delusional demi sebuah situasi normal….

Ending-nya? Nonton aja, ya? Lumayan, kok, buat ditonton pas Minggu sore sambil nyemil cheese balls pake mayonnaise. Itung-itung belajar buat nerima temen (atau diri sendiri) yang mulai agak-agak sakit jiwa…..

Yang jelas, Lars and The Real Girl memang gak bikin (gue) ketawa terbahak-bahak, tapi sanggup bikin terhenyak—mengingat udah lama gak tersenyum dengan perasaan yang hangat…

Ah, andai kita semua bisa kayak gitu… menghargai “kegilaan” demi sebuah keakraban…


Nah… setelah kelar nonton pelemnya, jelas banget kalo cover Lars and The Real Girl di atas tadi melanggar pasal penipuan. (Secara bajakan ya, belinya aja udah perbuatan kriminal, tuh).
Lo gak akan nemuin cewek pirang sintal itu di mana pun (gak tau ya kalo ternyata dia seorang figuran yang kehalangin pager beton).


ini cover versi aseli, tanpa cewek pengundang berahi

Jadi, ”Moral” of the story-nya adalah :
Jangan keburu horny sama cewek-cewek bohay di cover DVD bajakan!

Trik ini juga bisa kita temuin di pelem Disfigured; nyeritain dua wanita yang lagi berjuang ngelawan weight disorder, dengan perspektif yang bener-bener berbeda. Yang satu anoreksia, yang satunya lagi overweight.
Dan mereka berdua ini, bener-bener bukan yang ada di cover-nya:



Jangan terlalu yakin juga, walaupun pose bohay sexay-nya itu diperagain sama aktris yang memang beneran maen di film tersebut.
Yang paling sering jadi korban penipuan ini adalah LiLo alias Lindsay Lohan. Inget gak, sih, era pas Lindsay Lohan sukses berats di Mean Girls, tiba-tiba rak DVD bajakan dipenuhi film-film Lindsay “berikutnya”. Salah satunya berjudul Get a Clue dengan cover Lindsay berdada semok, pamer perut, dan bercelana jins panas :).



Jangan ngarep, deh, nemuin versi sexay Lindsay lagi kayak gitu di pelem ini. Wong, Get a Clue itu aslinya dirilis 2 tahun sebelum Mean Girls… pas dia masih agak-agak polos cute gimana gitu (seperti bisa diliat di cover versi aslinya).
Tapi, toh, strategi ini berhasil nipu orang-orang yang mulai ketagihan The sexay Lindsay… buktinya gue juga beli :).

Cara paling gampang biar gak ketipu cover bajakan, ya mesti nyobain pelemnya dulu. Tapi kalo tempat jual DVD-nya sesak, penuh peluh, plus ngantri, biasanya gue, sih, pasrah aja; langsung beli tanpa dicoba. Toh, kalo jelek tinggal dituker. Biarpun pada prakteknya malah sering gue jual lagi pake harga obral. Hehe.

Tapi lagian, seru kok, kalo kita nemuin pelem-pelem penuh tipuan kejutan kayak Lars and the Real Girl tadi…

Ah, kok, gue mendadak kangen sama si Abang DVD ganggu itu, ya?!

“Eh, bang, kalo ini pelem tentang apa, sihhhh???”

Hayooo, kalo covernya beraktor-aktris dan berbahasa Yunani, dia bisa ngeles gak yaa? :)