Search This Blog

Wednesday, December 17, 2008

The hidden stories of babubabes

Gak ada yang lebih menenangkan selain menikmati secangkir teh hangat di tempat kita pernah bertumbuh kembang; tempat yang kita anggap rumah—yang bisa jadi memang benar-benar rumah milik orangtua kita. Apalagi kalo kita sudah pergi meninggalkannya cukup lama… entah itu sepuluh tahun, setahun, atau bahkan sebulan….

Ada perasaan mencengangkan ketika setiap melihat kembali tempat akar mulai merambah tanah, kita seolah selalu diingatkan kemana untuk kemudian tumbuh.
Melihat ayah, ibu, kakak, rasanya selalu membuat gue menjadi anak kecil, “sebesar” apapun gue di luar sana… Secara emang gue anak paling bontot yang—pernah—paling gembrot. Hehe!. Seliar-liarnya dan sesombong-sombongnya jiwa ini, mereka akan selalu ada—semoga untuk jangka waktu yang lama….

Mungkin letak kursi dan meja telah berubah, tapi suasana keakraban yang khas akan selalu sama. Toh, gak ada yang abadi, tapi kenangan manis tetap kekal di hati.
Termasuk bagi salah seorang penghuni rumah yang selalu ada, tapi sering terlupakan, padahal dia bisa jadi orang yang paling tau letak barang-barang pribadi kita…
Dia juga yang paling tau bau cangcut kita…

Dan mungkin, dialah juga yang menjadi cinta pertama yang tak terlupakan….

Dia adalah seseorang yang sangat dekat, kadang bisa melebihi sahabat,
tapi sayangnya dia sering menghilang*, sebelum kata terimakasih sempat terbilang**…

*Gue udah nyoba nyari mereka di Facebook, Friendster, Hi5, Multiply, bahkan FBI, tapi gak ada satu pun yang identitasnya terdeteksi. Jadi kalo ada yang pernah nemuin mereka atau mungkin sekarang mereka lagi bekerja di rumah lo, kabar-kabari… dan hati-hati ya?!
**Gue tau kata ini gak enak dan kurang pas… tapi gak apa-apa ya, demi rhyming dengan “menghilang”.


Karena itu, izinkan akyu bernostalgia sambil mendedikasikan note ini untuk para pembantu ataupun siapa pun yang berjiwa babu… kayak kamu. Ah, jangan malu, aku pun kadang begitu. Huhuhu!

Dari 1001 pembantu yang silih berganti bekerja di rumah orang tua, inilah beberapa kisah diantaranya yang berhasil menginggalkan kesan begitu mendalam….
Tiada maksud lain selain sebuah penghargaan, walaupun ada yang agak-agak berbau penghinaan.. maafkan :)

>> Bi Entit <<
Tahun bekerja: 1990 – 1992
Tinggi: 151
Warna kulit: kuning langsat

Namanya bikin geli. Kalo manggil-manggil dia malah bikin gak enak hati. Coba deh, “Bintiiiiitttt!”

Prestasi: pewaris adat yang langka.
Berhubung diimpor langsung dari Kadipaten, Bi Entit berlogat khas Sunda buhun. Jadi intonasi obrolannya persis kaset yang pitanya kusut; ngegeol gitu deh.
Buat kamu yang udah lupa bunyi kaset ngegeol, coba suruh temen ngomong sambil kita pencet kedua pinggangnya.

Alasan Resign: Kebelet kawin ampe be'ol, sambil tetep ngegeol... kalo gak salah :).

>> Bi Eti <<
Tahun bekerja: 1994 – 1996
Tinggi: 148
Warna kulit: putih kadang kuning kecokelatan—tergantung mood.

Pembantu yang juteknya ngalahin emak-emak perawan. Figurnya makin serem dengan matanya yang (maaf) picak dan gigi nongol sebiji. Dia hobi banget ngebentak siapapun (kecuali bonyok) yang ngehalangin, “Awas! Aku mau lewat!!” Iiiih yah, lewat mah lewat aja kaliii..
Ngomong-ngomong, giginya yang nongol sebiji ini bener-bener menggemaskan. Saking gemesnya, nyokap gue ampe ngebawa Bi Eti ke dokter gigi, biar gigi “imut”nya dicabut. Hehe, tenang, tanpa paksaan, kok….

Prestasi: Juara jorok seRT-RW.
Di suatu sore yang na’as, gue pernah mergokin dia lagi naro upilnya di daun-daun taneman hias! Gak tau apa yang ada dipikirannya saat itu. Atau mungkin itu cara dia berkomunikasi dengan alam, ya?!
Yang paling bikin jijik, gue gak sengaja pernah liat dia bersin di atas katel pas lagi masak kari daging. Hiiii, selera makan langsung ilang ngebayangin kuman ludahnya bercampur dengan kari dan ikut meresap bersama daging. Arrrgh!
Sempet kepikiran juga sih, kalo dia diem-diem pernah naburin upilnya sebagai pengganti garam masakan…. YUKH
Semenjak itu, gue jadi rajin melototin Bi Eti kalo lagi masak, sambil siap-siaga puasa kalo-kalo aja dia ngelakuin ritual joroknya itu.

Alasan Resign: mungkin udah eneg sama bau upilnya sendiri yang memenuhi tanaman pekarangan rumah.

>> Mbak ‘Nah <<
Tahun bekerja: 1993-1994
Tinggi: 150
Warna kulit: kuning langsat bak putri Solo.

Idiiiiih, centilnya to the max!

Prestasi: Pembantu dengan berpenampilan terbaik. Best dress abis dah!
Jadi ya, kalo disuruh nyuguhin tamu, dia bukannya langsung bikin minuman, tapi malah buru-buru lari ke kamarnya. Tau apa yang dia lakuin? Dandan aja gitu! Nyisir, pake make-up, terus ganti kaos yang bagusan dikit sambil bagian bawahnya digulung dikit biar berkesan seksi. Udelnya Britney, sih, lewat!!

Terus-terus, begitu nyuguhin tamu, dia akan menampilkan mimik wajah tercantiknya, dengan mata berbinar-binar dan senyum manja. Lalu setelah cangkir terhidang di meja, dia pun melakukan aksi pamungkas; mengibas-kibaskan rambut disertai suara sengau so seksi,”Euh…”

Alasan Resign: Kayaknya sih, merajuk—pundung, karena gak ada satu pun tamu yang terpikat dengan pesonanya.

>> Mbak Enda <<
Tahun bekerja: 1996
Tinggi: 158
Warna kulit: cokelat kekuningan.

Pembantu superbossy! Kalo gak ada tuan rumah, dia suka nyuruh-nyuruh gue!
Sempet bingung, sih, kok kalo rumah kosong, malah gue yang jadi babu.
Dan gak tau kenapa, gue juga, kok, nurut-nurut aja ya? Mungkin karena perawakannya yang besar dan keibu-ibuan…

Tapi ya, biarpun pembantu, pengalaman travel-nya ngalahin kami sekeluarga. Sombongnya juga gak ada lima! Uh, kalo udah nyeterika, dia hobi banget nyeritain pengalamannya pas jalan-jalan di Amerika Serikat, biarpun ceritanya itu itu aja.
“Saya mah, dulu suka dibawa majikan jalan-jalan ke Florida. Udaranya dingiiiiiin pisan. Badan saya ampe biru-biru..” Ditimpukin majikan pas lagi tidur kali, Mbak?!

Prestasi: Aktris Terbaik! (Ah, coba aja ada Babu Award, pasti dia nyabet best actress)
Di suatu siang yang kelabu, kakak gue kehilangan jam tangannya, tepat setelah si Mbak Enda ini ngelap-ngelap meja (di mana jam tangan itu tersimpan). Dengan bekal instingnya yang setajam golok, kakak gue langsung ngelabrak Mbak Enda.

Begitu divonis sebagai tersangka, Mbak Enda mendadak kejang-kejang sambil teriak-teriak panik,”Haaaa, juragan! Demi Allah, saya mah gak pernah nyuri!! Saya mah nggak apa-apa miskin di dunia, asal kaya di akhirat, Juragaaaan!”
Lengkingan histerisnya tentu aja turut membuat nyokap panik—yang tampaknya ngebela Mbak Enda, apalagi setelah “ceramah” dunia akhiratnya. Tapi kakak gue udah keburu yakin, jadinya dia langsung ngegeledah kamar Mbak Enda.

Hasilnya: Bener aja, loh! Kakak gue nemuin jam tangannya yang masih terbalut lap meja yang kotor dan berbau busuk.
Udah ketangkep basah kayak gitu, kehisterisan Mbak Enda malah makin tak terbendung,”Astagfirullah!
! Siapa yang naro jam di situ??! Siapa yang ngejebak Mbak Endaa?””

Haaa, jadi mau balik nuduh gue? Mau nuduh keluarga gueee?!? Heuuu ??!

Ah, ternyata sinetron sudah berdampak buruk lebih dari satu dekade yang lalu yaa…. Ups, lupa! Waktu itu kan lagi zaman-zamannya telenovela meksiko! Mhaaa- ri – marrr…. AUWWW!!

Alasan Resign Pemecatan: Pencurian dan pencemaran nama baik.

>> Bi Cicih <<
Tahun bekerja: 1994
Tinggi: 151
Warna kulit: putih pucat.

Pembantu yang hobi banget ngagetin dengan teriakan khasnya, seperti, “Auuuuuuuw!!” atau “Aaaaaaaahhhh…!”

Prestasi: Sang Ratu kejut-kejut.
Dia ini benar-benar sensitif ama listrik. Dikit-dikit ngejerit karena kesetrum. Megang seterikaan, teriak. Ngenggol kulkas, ngejerit. Ngelap TV, histeris. Gue sih, sempet curiga, kalo dia ini seorang mutant yang belum sadar diri.

Alasan Resign: Ingin mendalami kemampuan misteriusnya lebih mendalam.

>> Bi Eruk <<
Tahun bekerja:1994
Tinggi: 146
Warna kulit: cokelat keruh

Pembantu yang doyan begaya dan begaul.
Prestasi: Shopahollic

Bayangin aja, kalo hari ini disuruh ke pasar, pulangnya bisa keesokan paginya.

Alasan Resign: Terakhir sih, dia pamit buat ke Rave Party di Batukaras, eh, tapi ampe sekarang gak balik-balik.


>> Mbak Wati <<
Tahun bekerja:1997
Tinggi: 155
Warna kulit: cokelat blangsak.

Mbak Wati adalah pembantu kami yang meninggalkan trauma yang cukup mendalam.
Bila malam menjelang, dia akan mengalungkan ban serep mobil ke badannya, sambil meletakkan sarung ban di atas kepala laksana topi koboi. Tebak apa yang dia lakukan dengan dandanannya itu?! Gak ada hujan gak ada angin, dia marah-marah sama genteng rumah tetangga.

Prestasi: Ohlala, dia ternyata… mantan pasien rumah sakit jiwa!!

Alasan Resign Pemecatan: Menurut lo?? :))

>> Mbak Nimah <<
Tahun bekerja:2000
Tinggi: 151
Warna kulit: kuning langsat

Pembantu yang merangkap paranormal. Pada saat-saat tertentu, dia tiba-tiba panik sendiri, sambil ngeracau, “Aku akan mati dua jam lagi!”
Kadang-kadang dia mondar-mandir dengan gelisah di depan jam dinding, sambil ngitung mundur sisa waktu hidupnya. “Ahhh, sepuluh menit lagi!! Sepuluh menit lagiii!!!!”

Pertama-tama sih, gue ikutan panik. Tapi setelah setiap waktu kematian yang telah “ditentukan” ia baik-baik saja—sambil terus-terusan ngulangin keparnoannya itu, gue malah kadang berharap hal itu bener-bener kejadian. Haha…

“Akuuu akan matiii sebentar lagiiii!!!!”
”Oke, so long, Babe…”

Prestasi: Selain paranormal, dia juga hobi nyuri cincin, nyuri celana dalam, plus pipis di mobil!”

Alasan Resign Pemecatan: Perbuatan tidak menyenangkan.


>> Bi Ilah <<
Tahun bekerja: 2001
Tinggi: 149
Warna kulit: cokelat muda

Semenjak dia tinggal di rumah, beberapa makanan sering hilang secara misterius. Sialnya, gue tampak jadi tersangka, secara bentuk tubuh gembrot gue seakan menjadi bukti otentik.

Prestasi: Bukti bahwa keadilan itu ada.
Yeeaaah, keadilan akan selalu terkuak! Pada acara penggerebekan kamar, terungkaplah hobinya dia yang sering nyembunyiin berbagai jenis daging di bawah kasurnya—termasuk telur, minuman serbuk, dan foto ganteng abang gue!
Saking lamanya disimpen, dagingnya ampe berubah warna alias membusuk. Gak heran kalo sampai di suatu hari, kedua pipinya kembung akibat giginya yang membusuk. Ih, kayak sinetron azab gitu, yaaa?

Alasan Resign: Keracunan daging busuk. Helllouww?!

>> Bi Engkan <<
Tahun bekerja:2001-2002
Tinggi: 148
Warna kulit: kuning dengan cokelat mendominasi cenderung kehitaman.

Dia adalah pembantu yang memorak-porandakan rumah tangga!
Haha, gak kayak yang lo bayangin kok, tapi mungkin lebih buruk.

Jadi Bi Engkan ini tergila-gila sama supir bokap gue. Dia melakukan apa saja biar bisa ngedapetin Sang Supir Pujaan Hati, termasuk nyamar jadi nyokap gue!?

Tragedi ini terkuak tatkala (wuis; tatkala bow) kakak cewek gue yang berjiwa detektif, suatu malam kelam ngejebak pembokat gue dengan cara nelepon rumah pas dalam keadaan kosong. Skenarionya: kakak gue nyamar jadi ceweknya Sang Supir Pujaan Hati.
“Halo, selamat siang, Siapa ini?” sapa kakak ketika Bi Engkan ngangkat telepon, dengan suara yang sengaja dibuat centil.

“Saya ibu Apuk!” hardik si Bi Engkan nyebutin nama nyokap, tampaknya dia langsung pasang kuda-kuda.

[sound effect: JENG JENG JENG!!!!]

“Oh, siang, Bu… Heri-nya ada gak?”

“Heri gak ada!! Ini siapa?!”” bentak Bi Engkan makin galak.

“Oh, ini Ela, pacarnya Heri. Ini siapa?!”

“Pacarnya?!?! Heh, jangan macem-macem ya?! Saya inilah yang pacarnya Heri!!” Bi Engkan terdengar blingsatan.

“Haaaaa?! Masa Ibu Apuk pacaran sama Heri, sih?!”

Si Bi Engkan terdiam seribu bahasa. Tampaknya ia tertegun dengan pertanyaan logika yang tidak ia duga. Seakan tersadar mulai tersudut, ia kembali menghardik, “Saya Desi, pacarnya Heri!!!” sambil sekali lagi menegaskan status hayalannya.

“Loh, katanya tadi Ibu Apuk? Gimana, sih?!”

“AAAAH! UDAAH! SAYA PUSIIING! PUSIIIING!.
[Klik] Telepon langsung ditutup.

Yee, situ yang maling, situ yang sinting, situ yang pusing….

Alasan Resign Pemecatan: Pembunuhan karakter berencana, perbuatan tidak menyenangkan, pencemaran nama baik—pokoknya yang melanggar pasal-pasal populer KUHP, deh!

Catatan tambahan: Sebelum-belumnya juga ada beberapa pembantu yang mengejar-ngejar Sang Supir Pujaan Hati, dengan gelagat hampir sama; saat mobil Ayah terdengar memasuki pagar, mereka tiba-tiba bergegas masuk kamar dan berdandan ala ratu pantai selatan…

Maaf yaaa, kalo ada data fisik atau kebiasaan aneh yang salah atau tertukar. Tiada maksut memfitnah. Maklum, ingatan bisa salah, kan :)


Aaah, cinta tak akan lekang oleh waktu, begitu pun cerita tentang pembantu…

Masih banyak, sih, kisah kasih pembantu kami yang tak terlupakan—atau juga terlalu memukau untuk dihapus dari ingatan. Ada yang suka diem-diem ngelempar tanah kuburan ke atas genteng, ada yang suka ngintip-ngintip kakak kalo lagi mandi pacaran, bahkan ada yang setelah resign pun jadi hobi neror-neror via SMS.


Pembantu memang kadang indah dikenang, kadang juga busuk terbayang.

Tapi ya, seasem-asemnya ketek mereka, toh mereka juga yang bikin baju kita wangi selalu…
(translate: sepsycho-psycho-nya mereka, jasa dan dedikasinya tak terhenti—setidaknya sampai resign atau dipecat).


Psssst, sebenernya gue udah lama berangan-angan punya pembantu impian. Gak usah, macem-macem, kok, asal punya nama YONCE. Jadi kalo gue manggil-manggil dia, pasti berasa gaya!

Bi Yonceee!!! Buatin es teh manis, yaaa!!