Search This Blog

Tuesday, January 13, 2009

Nyari JODOH sampai bodoh

Ternyata janji berkedok resolusi yang terucap manis untuk masa aktif 12 bulan tanpa masa tenggang, hanya butuh beberapa hari saja untuk terhianati.
Malah ada yang hangus masih dalam suasana gegap gempita euforia pesta, walaupun gak lagi diwarnai kembang api.

Ah, sial… salah satu janji gue buat nggak mengumpatkan kata kotor sepanjang 2009 (kalo ngumpatnya pake kata “bersih” masih boleh), harus ternodai akibat ulah supir angkot yang lagi autis ngehalangin jalan.
Rentetan bunyi klakson yang gak bikin dia minggir-minggir juga, bikin gue “kepaksa” mencet “klakson” tubuh berupa teriakan dalam bahasa Sunda, “HALING KEHED*!!!”
*Get off, Dick head!

Angkot itu memang berhasil minggir, tapi resolusi gue pun ikut tersingkir.

Resolusi gue emang gak pernah sekeren punyanya PBB, sih, biarpun sama-sama gagal juga.

Tapi sebelum beneran basi… ingetin gue, ya… biar tahun depan kalo bikin resolushitsi lagi, gak akan berisi sebuah janji yang bersifat larangan dari hal yang bersifat kebiasaan, tapi mau bikin harapan buat ngelakuin sebuah perbuatan. Karena kemungkinan adanya pelanggaran jauh lebih kecil—beban psikologis pun berkurang!

Contoh:
>> Daripada janji gak akan makan jeroan, mendingan janji bakal nambah porsi makan sayuran (bisa tetep colong-colong jeroan, kan??)

>> Daripada janji gak akan bohong-bohong lagi, mendingan janji buat lebih sering ngebahagiain pacar (yang berarti masih boleh bohong :) )

>> Daripada janji gak akan lagi ngulak-ngulik aib orang, mendingan janji buat ngutak-ngatik teka teki dari Tuhan. Hehe!
Naaah, kalo yang ini, sih, gampang-gampang susah; karena kalo salah arah bisa salah kaprah…

Gue beberapa tahun terakhir ini memang lagi haus hal-hal berbau religius, biarpun sering kalah ama nafsu dan akal bulus. Tapi gue yakin Tuhan selalu berkomunikasi sama kita, lewat makna yang kita tangkep dari alam; intuisi dan berbagai kejadian.

Kejadiannya pun kadang cuma masalah-masalah sepele—gak perlu yang berujung duka, derita… apalagi siksa.

Jadi inget, deh… pas seminggu yang lalu, gue nemenin dua sahabat bernama Natazha & Chriztanto (bukan nama sebenernya—tapi gak jauh-jauh amat) yang lagi kelimpungan cari travel buat balik ke Jakarta. Berhubung saat itu merupakan sore terakhir di liburan panjang akhir tahun, jadinya tiap mereka nelepon travel selalu dihiasi dengan teriakan, “HAAH? Penuh semua?!”

Sebenernya mereka udah reservasi tempat duduk untuk siang hari, cuman atmosfir Bandung membuat mereka begitu terpana hingga lupa pesanan kursi empuknya.

Setelah belasan kali nelepon dan puluhan penolakan (tiap nelepon dua kali nanya; “Ada yang kosong?” “Ada yang cancel?” ), akhirnya kami ngedatengin sebuah travel berinisial C dengan perasaan waswas, maklum; status kami waiting list.

Ada, sih, yang kosong, tapi mesti nunggu sekitar 2.5 jam. Berhubung Natazha gak pengen terlalu malem sampai di ibu kota, jadi kami bener-bener ngarep semoga ada penumpang yang diare akut atau mendadak hamil hingga nge-cancel tiketnya. Sempet kepikiran, sih, buat ngehadang dan nyulik calon penumpang yang baru dateng di pintu gerbang dan membuangnya di kebun pisang belakang… tapi… yaaa, kita liat nanti aja, deh….

Setelah nunggu sambil duduk-duduk ganteng dan ketawa-ketawi charming, tibalah jam keberangkatan, dan—sial!—penumpangnya hadir semua.

Chriztanto lalu mengeluarkan ide briliannya buat nyoba ke stasiun kereta api, dengan pemikiran: pasti bakal kebagian tiket—secara orang-orang sekarang pada milih naek mobil travel!
Tak lama kemudian, kami membelah kota menuju stasiun KA, disambut penjaga tiket parkir yang bersendawa tiga kali tepat di depan muka. Alangkah bahagianya kami mendapati tempat parkir melompong kayak kepompong kosong! Wow, pertanda yang baik! Kami berjalan penuh harapan menuju loket, dan…. Ya! Waktu keberangkatan yang tercepat adalah… 3.5 jam lagi!
HUH, boro-boro dapet tempat, yang ada malah mesti nunggu lebih lama lagi. Tau gitu, kan, mending nunggu di travel yang tadi kita tongkrongin aja…

Diantara lalu lalang orang dan hilir mudik para calo yang sibuk-sibuk ngebidik, tiba-tiba datang sebuah pertanyaan menggelitik…

Berburu travel, kok, kayak berburu jodoh, ya?

[[
Kadang si jodoh udah ada di depan mata, tapi karena ngerasa kurang sreg, akhirnya kita berpaling ke yang satu kemudian ke yang lainnya—
yang ternyata juga gak ngasih banyak pilihan; malah lebih berkekurangan. Atau bisa jadi ada yang mampu ngasih berbagai kesenangan, tapi ternyata bukan yang kita butuhkan….

Travel ada yang mahal gila dengan beragam fasilitasnya kayak TV, kursi pijat bahkan wifi. Tapi kalo sepanjang perjalanan yang kita butuhin cuma tidur, berarti kita mendingan milih travel yang standar-standar aja—yang penting bisa duduk nyaman, biarpun ada kemungkinan dicolek penumpang sebelah sambil nanya basa-basi bego, “Mau ke mana?!”
Atau kalau seneng sama yang murah meriah juga gak masalah. Mungkin agak-agak sesak, tapi ada sensasi keakraban yang hangat (kadang terlalu hangat, karena AC-nya mati).

Jurusan travel yang tersedia mungkin gak bisa nganter langsung ke tempat yang kita tuju—butuh muter-muter dulu; makan waktu dan uang, tapi ada pengalaman berharga yang bisa kita bagi ceritakan begitu sampai tujuan (mungkin ketemu copet, dirampok supir taksi, atau digrepe tukang ojek). ]]

Natazha dan Chriztanto pun kembali ke pekerjaan lama; sibuk nelepon sana-nelepon sini… sampai akhirnya terdengar nada-nada melegakan,“Wah, jam 6 ada yang kosong?! Wah, saya MAU MAU MAU!”

Dan… ternyata, travel si pemberi kabar gembira itu tak lain tak bukan adalah… si “jodoh” yang sempat kita cuekin… ahaaa… travel berinisial C tadi….

[[
Setelah menclok sana-menclok sini berkelana dalam pencarian jodoh, ternyata kita malah kembali ke si dia pilihan pertama… yang hampir terlupakan.
Untung saja belum terlambat… telat dikit bisa keburu diembat…. ]]

Dengan sorot mata berbinar binal, akhirnya Natazha dan Chriztanto bisa duduk dengan tenang… tapi sayangnya nggak begitu lama karena gejala skeptis mulai melanda.

“Eh… beneran ada gak, ya?!?! Kayaknya aneh juga bisa langsung dapet tempat? Jangan-jangan si Mas-nya salah denger jam keberangkatan yang gue minta? Jangan-jangan waiting list lagi?? Atau jangan-jangan gue duduk dipangku supir?!?!”

[[
Heeuh… dan kadang ketika giliran jodoh sudah semakin jelas dan terang, malah kita sendiri yang kembali gaduh bertanya-tanya…, “Duh, dia beneran si the one, bukan, ya?!]]

Tapi... emang, sih, kadang sesuatu (seseorang) justru menjadi begitu unggul setelah kita melalui perjalanan panjang berpetualang dengan para pembandingnya.
Tapi kalo berkelana ke sana kemari tanpa tau yang mana kita butuhin, kapan beresnya, ya?
Kan petualang sejati pun butuh sebuah rumah untuk kembali ;)

Tapi, ya… terserah aja, deh, mana yang bikin bahagia....

Kalo gue pribadi, sih… pengen nyobain berbagai macam travel… dari Jagakarsa ampe Jalur Gaza… dari Ciamis ampe Paris!



Photo courtesy of Mable

Gak tahan pengen komentar? Sini, doooong!

You must sign up for Facebook to add or see all comments.
Already a member? Please login
Already login?