Search This Blog

Thursday, February 19, 2009

Anak Bandung bukan kacung!

“Saya suka sama kinerja orang-orang Bandung. Idenya segar-segar dan kreatif!”

Jangan keburu pongah sama pujian yang bisa bikin dagu ngedongak 45 derajat ini.
Simak baik-baik pujiannya... apakah disertai lirikan mata dan senyum licik?
Bila iya, bukannya gak mungkin kalo komplimen itu sebenernya masih menyisakan kalimat, “... tenaganya juga bisa diperas dengan harga murah!”

Duuh, bukannya mau picik dan berburuk sangka ya. Tapi kenyataannya, gue udah sering banget terlibat percakapan yang mengiritasi hati, seperti; “Udah laah... kalo mau nyari creative freelancer itu, pake anak Bandung aja! Idenya gila-gila tapi mau dibayar murah!”
Darah Sunda gue seketika langsung mendidih bersamaan dengan hati yang terluka perih... Pedih!

Belum sempet luka mengering, udah mesti tergores lagi oleh seorang curhatan temen yang selalu punya ide segudang-rela bekerja sampai begadang-di perusahaan yang sering menang jam tayang, tapi mulai putus harapan karena gajinya cuman bisa beli celana panjang*...
*merek luar, siiih....

Mungkin kalo kita seorang fresh graduate akan rela kerja rodi dengan pemikiran: “Gak apa-apalah jadi kuli dulu di awal karir, namanya juga nyari pengalaman sekaligus pembelajaran.”

Yah, kalo emang ngerasa masa pembelajaran dari TK sampai kuliah belum puas, sih, terserah aja....
Tapi mending tilik-tilik juga , deh, fasilitas apa saja yang bisa dikasih kantor. Alih-alih dapet uang tambahan, bisa-bisa yang ada malah bikin ngutang?
Apalagi kalo perusahaan yang gak ngasih asuransi kesehatan; wuiih it’s a BIG NO NO, man!
Tenaga diperas ampe gak waras... giliran sakit keras, cuman dikasih ongkos ke puskesmas.

Naah, kalo dapet kerjaan dari perorangan (temen misalnya), mesti siapin juga hati yang suci, biar gak kayak gue yang akhirnya cuman asyik-asyik sendiri mengoleksi kompilasi obrolan sakit hati....



[1]

+++ “Mau order skrip buat iklan radio, ya? 5 versi. Malem ini selesai bisa, ya?”

=== ”Lima versi?! Mesti kelar malem ini?! Sekarang aja udah jam 5 sore??”

+++ ”Ayolah, elo kan kreatif. Masa gak bisa?”

=== ”Waduuh.. lo kira ngeluarin ide kayak nyuci piring? Cari yang lain aja, deh. Gue mah kagak bisa diburu-buru gitu.”

+++ ”Ayolah, kok, gitu, sih, ama temen sendiri?”

=== “Lah, elo temen sendiri tega banget ke gue kayak nyuruh babu?”

[2]

Bahkan ketika kita udah berani pasang harga, “pelecehan”pun kerap saja terjadi...

+++ “Eh, tolong editin naskah gue, dong? Berapa ya??”

=== “Kalo dihitung dari jumlah huruf naskah lo, sih, XXX rupiah...”

+++ “Ha?? Cuman gitu doang harganya mahal banget??”

=== “Kalo menurut lo emang cuman GITU DOANG... kenapa gak ngedit sendiri aja?”

[3]

+++ “Aduh, sorry... ternyata spot iklan buatan lo gak jadi tayang... karena ada masalah pada saat produksi. (Jadi fee-nya juga gak jadi).”

=== “Haaaaaa?!?!”

[[[ Aneh juga ya... coba, deh, misalnya ada klien minta lo bikinin adonan kue (inget.. adonannya, bukan kue-nya!), berarti tanggung jawab lo adalah sampai si adonan itu jadi, kan?
Jadi kalo ternyata ada masalah dalam pembakaran adonan kue ketika di dalam oven, apakah itu tanggung jawab kita sebagai si pembuat adonan kue?

Dan bagian yang paling periiih adalah pada saat kita komplain, lalu si temen (sang klien abal-abal) ngasih komentar, “Iiih ya amppuuuun, segitu doaaaang, gue bayar dehhh.....”

Kalo kayak gitu, pasti ujungnya bikin ilfil. Giliran khilaf, duit langsung jadi bukan masalah.
Padahal kalo emang (mau) ngerti arti sebuah perjanjian, sebenernya yang jadi masalah itu bukan berapa besar duitnya, tapi adalah sepatuh apa kita ngejalanin kesepakatan. Sayangnya kita sering terkecoh dengan embel “pertemanan” kalo ngadain perjanjian bisnis; kesepakatan dan penghargaan sering disalahartiin dengan “mohon pengertian sebagai teman”. ]]]


Ayooo urang Bandung! Jangan mau jadi kacung!
Dan buat para pekerja kreatif dari suku dan ras mana pun... (biar gak berkesan sukuisme.. hehe) ayooo terus semanget berkarya dan berani tentukan harga!!!*

*jangan lupa juga buat selalu nepatin deadline-nya yaaaa :p
[vb]




Ikutan ngasih komentar, yuuuk, di sini!
You must sign up for Facebook to add or see all comments.