Search This Blog

Saturday, March 21, 2009

Facebook: ajang bongkar aib dan sindir-menyindir?

Sesuatu sebaik apa pun kalo disalahgunain hasilnya bisa bikin hati busuk.

Coba tanya Dr. Alfred Nobel di alam kubur, mungkin bakal begitu kecewanya dia karena dinamit hasil penemuannya yang diperuntukkan buat tujuan pembangunan, justru dipake pihak militer buat perang dan ngehancurin umat manusia. 

Atau kalo terlalu ngeri berwisata ke akhirat, sapa-sapa aja Mark Zuckerberg, tanyain gimana tanggapannya kalo Facebook yang aslinya dia bikin buat mempererat tali silaturahmi kerabat dan sahabat*, malah jadi ajang bongkar aib dan sindir menyindir**..
*Hmmm… mungkin dia gak peduli juga, sih… haha!)
** Tenaaang, gue pun melakukannya!


Pendapat ini berdasarkan fakta dari berbagai keluhan temen-temen yang kepopulerannya ngalahin kekesalan gak punya duit atau gak punya pacar.
Kalo memang beneran niat cari bantuan, lo boleh coba pake “solusi” yang udah gue coba ini, kali aja lo belum ngeh. Bukan menggurui, ini buat sekedar berbagi. Tapi kalo emang mengeluh udah jadi hobi sehari-hari buat ngelengkapin drama kehidupan, jangan buang-buang waktu lo buat baca ya :)


Keluhan : 
“Hobi banget, sih, ini orang update status tiap menit? Lagi pipis, lagi ngelamun, lagi batuk, lagi pup?!? Like I care?!”
Anjuran :
Kenapa juga nge-add / approve orang nyebelin? Hehe! Kalo memang segitu gak enaknya buat nge-delete dia, tenang aja... begitu newsfeed mereka tampil nyempil di home, lo arahin mouse ke area sebelah atas kanan namanya. Begitu muncul tanda X, langsung klik! Tadaaa! Info tentang segala “kesibukannya yang maha penting” itu gak akan ganggu lo lagi selamanya! (Ah, andai menghilangkan orang nyebelin di kehidupan nyata semudah ini)

Keluhan :
“Note (atau status) dia kayaknya nyindir gue mulu ya?!”
Anjuran :
Kalo emang udah GR berat, tanya aja langsung pake bahasa penuh canda dan tawa. Misalnya,”Duuuh, baca note-lo, gue ngerasa ketimpuk, deh! Kalo emang buat gue, maaf bangeeet!”. 
Kalo dia gak ngaku, emang kali beneran bukan buat elo :p. Seandainya emang iya (tapi dia ngotot bilang bukan), yah, bukan masalah lo. Itu, sih, masalah dia aja yang cuman berani nulis nyari dukungan pembenaran tanpa pengen ada penyelesaian. (SEDAP!)
Tapi buat yang gemar sindir-menyindir lewat berbagai fitur Facebook (kayak gue sekarang!), marilah jujur kawan. Setidaknya kalo sang terdakwa udah ngerasa ketembak, mending kita ngaku aja kalo emang pelurunya dibidik buat dia. 
Bakal lebih MEGANG lagi, kalo “nyindir”nya secara “langsung”, dengan cara pake sistemSILENT TAG (buat note). Hehe, ini istilah gue doang, sih, jadi caranya: kita TAG nama sang terdakwa, udah gitu langsung kita remove. Jadi si temen yang kena TAG ini bakal tetep dapet notifikasi buat baca note kita, tapi orang lain (yang baca note) gak akan bisa liat dia. Alhasil, kita bakal bebas dari pasal pencemaran nama baik, dan ditanggung nendang, deh :)


Keluhan :
Aduh ini reply message thread gak kelar-kelar!
Anjuran :
Haha, maaf... gue termasuk orang yang sering ngasih message orgy; satu pesen buat semua orang! Niatnya, sih, demi efisiensi waktu dan tenaga dalam berbagi pesan kebahagiaan.
Tapi ternyata message orgy ini gak bikin semua orang orgasme!
Sayangnya Facebook belum punya cara buat “unsubscribe” dari thread ini. 
Nah... biasanya kan yang ganggu itu reply dari para penerima pesan (yang kadang gak kenal satu sama lain)... gimana biar semua pihak damai dan nyaman sentosa, kalo kita mau reply, kirimnya ke orang yang bener-bener berkepentingan aja (bukan reply all).
Terus, kalo udah terlanjur kena bombardir pesan berantai, ya wes, gak usah dibuka; biarin aja angka itu (indikasi pesan baru) tetep nongol di samping inbox. Jadi kalo rantaian reply-nya malah semakin menggila, kita gak akan keganggu sama notifikasi pesen baru (karena gak kita buka-buka). Semoga gak bikin bingung, ya!


Keluhan :
“Gue tiap hari tegang; takut ada yang nge-tag foto-foto anonoh gue. Kan bisa ngejatohin pasaran banget!”
Anjuran :
Image kegantengan yang paripurna bisa hancur sekejap hanya karena sebuah foto yang gak kita pengenin; bisa karena pose kita lagi nggak banget, atau foto jadul pas kita lagi butek-buteknya. Paling stres lagi itu kalo ada yang tega pasang foto kita pas lagi bareng mantan psycho yang udah berhasil kita hapus dari kenangan berbelas-belas tahun lamanya! 

Daripada depresi tiap hari jaga kandang ngehalau kiriman tag foto-foto orang lain, klik ajahttp://www.facebook.com/privacy/?view=profile, terus rubah setting Photos Tagged of You => Custom => only me.
Karisma kita pun akan terjaga keeksklusifannya, foto-foto pembongkar aib itu gak akan bisa diliat orang lain! 


Keluhan : 
“Pacar gue, kok, nulis-nulis di wall mantannya?!?! Gak tau apa gue bisa liat??”
Anjuran:
Woii, Pacar! Kalo mau nulis “macem-macem” mending kirim via message aja. Kecuali kalo emang niat mancing prasangka dan prahara ya.... 

Keluhan : 
“Bini gue semenjak sibuk fesbuk jadi jarang merhatiin, nih!
Sekalinya buatin kopi, malah foto doang! (kopi virtual yang lewat aplikasi aneh-aneh itu loh)!”

“Kok, dia kalo ketemu langsung gak serame di Facebook ya,?”

“Kok, dia lebih demen ngobrol di ‘tembok’, sih, daripada ngobrol pake mulut?”
Anjuran : 
Wadaw, itu, sih, udah masuk lahan pribadi orang. Tanya psikiater aja, ya? :)

Dipikir-pikir cara kita berinteraksi sama orang-orang akhir-akhir ini memang agak ajaib ya.... 
Semenjak gejala sibuk fesbuk menggerogoti jiwa, ajang-ajang kumpul-kumpul berkedok reuni udah jadi kayak acara mingguan. Kayaknya batas waktu pertemuan agar layak disebut sebagai reuni udah rancu. 
(Kalo reuninya seminggu sekali, mending bikin geng arisan sekalian). 

Dan “unik”nya pas udah ngumpul, kita malah sibuk sama BB masing-masing, sembari tetep facebook-an; nyapa geng lain buat berkumpul di “reuni” selanjutnya. Begitu seterusnya dan seterusnya... Siklus yang aneh....


This picture is taken from here

Dan kadang dalam suatu masa, ada aja oknum facebookers yang bikin kita eneg—bahkan cuman buat liat logo Facebook aja udah bikin males!
Tapi seperti halnya teroris yang melancarkan aksi brutal atas nama suatu ajaran religi atau konstitusi... hai, teman... jangan benci Facebook-nya, tapi delete aja pemakainya.... 

Tapi kalo emang Facebook lebih sering bikin lo sengsara daripada bahagia, gak usah ragu buat klik https://register.facebook.com/editaccount.php?ref=pf terus klik deactivate!

Sampai jumpa, selamat tinggal!
[VB]
Mau ikut bongkar aib dan sindir-menyindir? Silakaaan....

3 comments:

  1. Ah,segala sesuatu itu tergantung kita menyikapinya aja.

    * cuih ! *

    Tapi yah...masalah-masalah sekecil upil seperti ini akan terus ada di situs-situs networking.
    Dulu mungkin itu bagian Friendster. Sekarang ia boleh senang ( atau sedih ? ) karena sudah mulai terlupakan.

    Ah,terkutuklah kau ,Facebook.

    * ngupdate status *

    ReplyDelete
  2. wkwkwk....*numpang ngakak aja sembari gaplok diri sendiri....

    ReplyDelete
  3. Sekarang sepertinya twitter pun iya, kedudukan hampir sama kayak facebook :)

    ReplyDelete

Bebas komentar apa saja, asal damai. Terima kasih banyak :*