Search This Blog

Thursday, August 15, 2013

Takjub Berbuah Kejut

Takjub gak sih, ketika sibuk nyari barang-barang perintilan yang mendadak lenyap, malah nemu barang hilang yang udah gak kita butuhkan lagi? Ibarat cari pacar yang entah pergi ke mana, eh malah ketemu mantan nyebelin. Euh, kurang tepat sih, ya, analoginya.

Jadi gini, barusan sibuk nyari remote TV, sampai-sampai angkat kasur dan bedah isi lemari segala. Ketemu? Nggak. Malu? Agak. Soalnya, tiba-tiba di bawah tumpukan baju di dalam kotak kayu di dalam lemari, ditemukanlah satu kardus berisi cemilan masa silam; yang sayangnya, bungkusnya doang.

Saya sontak terduduk dalam keremangan malam, lunglai oleh kenangan lampau.
Kenangan pun dimulai saat masa pemerintahan Dinasti Han—20 abad kemudian, tepatnya era 80-an (iya iya maaf), saya yang saat itu masih bocah manis, hobi banget ikutan kuis. Tanggalan di kalender penuh dengan buletan merah, pertanda hari pengumuman undian.

Usaha ini membuahkan hasil, dari penggaris sampai sepeda pernah saya dapatkan. Orang lain bilang ini sekadar keberuntungan. Kalau boleh lebih sok dikit sih, juga karena ketekunan. Karena saya juga hampir selalu dapet hadiah undian untuk kategori “1000 pengirim pertama.”

Saya pun mendadak jadi pemburu bermacam bungkusan; dari susu bubuk sampai mi instan—sampai-sampai lupa ngirim
Dan itulah pula asal muasal saya ketagihan jilat prangko.

.......

Sayangnya, kegiatan mengoleksi bungkusan dan jilat-jilat ini berakhir seiring dengan perubahan zaman. Di era digital dan sebagai tunas bangsa yang sibuk berburu di rimba perkotaan, masa iya masih sibuk kirim-kirim undian?
Memang udah nggak, sih. Tapi justru dengan tuntutan kebutuhan yang terkadang berbalapan dengan gaya hidup, hobi ikut undian tadi jadi bekal utama mencari peluang demi penghematan.

Dan keberuntungan dan ketekunan pun kini terimbangi kesetiaan, yang berbuah kejutan—bahkan di saat khilaf sekali pun.
Misalnya saja, pas kelar potong rambut, tiba-tiba dapet bonus creambath plus pijat-pijat kaki asoy! Padahal saya sering lupa buat ngecap 'kartu kesaksian' tiap kali bertandang. Untung para staf ingat—entah karena wajah atau kelakuan aneh saya!

Pernah juga pas niat beli ponsel anyar, tau-taunya ada program penukaran poin dari kartu debit yang saya pakai. Atau pas mau beli tiket pesawat, tau-tau dapet harga miring! Wuih, mendadak hemat, dan tetep ganteng!

Tersadar ternyata apa yang kita dapatkan bisa lebih dari sekadar yang kita punya, sekarang mau berbenah isi dompet ah, kali aja tersimpan harta karun seperti voucher diskon, kartu poin, atau koin-koin pound sterling juga boleh. Siapa tau kita yang akan menerima gelar si lucky bastard idola yang tampak selalu tiba-tiba dapet ini-itu, bagi-bagi ke sana kemari.


EH, bentar... kok isi dompet malah banyaknya foto kenangan ya?
Ya udah, abis setia sama produk, nanti setia sama gebetan juga, deh.
Kapan-kapan.

Ngambil 2 biji, eh dikasih 2 lusin! (14-nya udah ditelen)


1 comment:

Bebas komentar apa saja, asal damai. Terima kasih banyak :*