Search This Blog

Friday, November 15, 2013

Racikan Musim Dingin: BALTION!

Ada dua hal yang ternyata buat saya cuma seru kalau di film doang:
  1. Percintaan
  2. Salju
Untuk yang pertama, mari pura-pura lupa saja. Untuk yang kedua, berhubung besar di negara tropis, jadi suka iri nonton adegan membuat boneka salju atau sekadar petantang petenteng bawa kopi panas pake kupluk berbulu, syal beludru, dan jas korduroi.

Ketika kesempatan bermain salju itu datang, lah kok ternyata mendadak bengek, migren, bonus diare. Kulit juga jadi ekstra kering dan pecah-pecah, berasa ada yang iseng naro lem uhu di sekujur kulit. Yang ada boro-boro petantang petenteng sok tampan, cuma bisa meringkuk deket pemanas sambil lahap mie rebus yang harganya jadi seratus ribuan.

Mount Titlis, Urner Alps of Switzerland

Dan sialnya kalo diam terlalu lama—termasuk tidurdalam suhu dingin, malah berasa gak enak otot. 

TAPI TENANG, itu kan pengalaman pertama kali, karena kini saya punya olesan mujarab yang sampai di Bandung pun tetap saya colak colek!

Terinspirasi dari percampuran biji kopi seperti Celebes Kalossi yang bisa mendongkrak kualitas kopi Afrika atau pun Amerika Tengah, saya mencoba mengawinkan beberapa balsem dan body lotion, sampai akhirnya menemukan formula yang sesuai selera—dan wanginya gak bikin orang asing nyangka kita dukun!
(Pernah pakai minyak kayu putih di pesawat, ditanyain penumpang bule “Apakah anda memakai ramuan penyihir?!”)

Bisa dicoba, siapa tau sama, atau silahkeun atur merek & kadarnya sesuai keperluan dan ketahanan.

Mari membuat BALTION!


Untuk balsem, saya pilih balsem otot Geliga; karena panas-dinginnya ampuh meredakan sakit otot. Kalau belum tega sama panasnya, bisa Vicks Vaporub.
Untuk body lotion, saya cocok sama aroma Vaseline Aloe Fresh (buat habis mandi jalan pagi-pagi), Vaseline Cocoa Glow (buat nongkrong sore di musim semi), dan Body Shop White Musk (buat makan malem yang berakhir kencan asoy).

Cara nyampurnya simpel, bisa dicoba dari seujung jari balsem geliga colak colek mesra dengan 1 pump body lotion.


Atau buat persediaan, campur 1/4 balsem + 3/4 lotion.



Buat cek cek tingkat kepanasan, saya biasanya coba colek di betis dan perut dulu. Kalau sudah nyaman, baru ke dada, leher, dan jadi over acting kayak gini:


Semoga cocok & membantu!

1 comment:

Bebas komentar apa saja, asal damai. Terima kasih banyak :*