Search This Blog

Saturday, October 25, 2008

Keracunan Pujian

Gara-gara komentar dari sobat gue sebulan lalu, “Lo keliatan keren pake jaket korduroi itu.”
Jadilah semenjak itu jaket warna cokelat tua ini jadi pakaian kebangsaan dan kebanggaan. Dipake teruuuussss karena pengen dipuji ampe mampus.






Ampe akhirnya….
gak ada yang muji lagi.
Dilihatpun, nggak.

Heuh, gue terlalu terbius pujian. Yang tadinya “megang” malah gak berkembang.

Setelah dipikir-pikir, kenapa gara-gara dipuji pake jaket korduroi, jadi gak berani pake sweater wol, ya? Atau kalo masih ngeri kehilangan “penggemar”, kenapa gak bereksperimen pake jaket wol atau sweater korduroi?*

Tapi di sisi lain, gak dipuji sama sekali pun bisa berakhir sama ngenesnya.

Terus terang, hati ini sering iri dan dengki sama orang-orang ganteng yang dapet pujian pada racikan kopi buatannya. Padahal cara bikinnya tinggal nyeduh kopi sachet-an pake aer panas.

Sementara, gue yang bikinnya dengan cara susah payah memetik dan memproses biji kopi sendiri—meraciknya dengan susu, vanilla bahkan whipped cream—boro-boro ada yang merhatiin. Ada yang mau minum pun udah syukur. Jadinya, gue jadi males banget bikin kopi lagi. Malah, cuman liat kopi aja langsung berasa trauma.*

Padahal, kan bisa jadi, rasa kopi instan sachet-an itu—sialnya—memang jauh lebih nikmat daripada kopi yang bikinnya ribet. Jadi “masalah” bukan terdapat sama si pembuat kopi—yang kebeneran ganteng.

Yeah, memang sih, objek pujian sering gak jelas; subjektif dan terkadang manipulatif. Pujian pun bisa berubah horor; kayak dua sisi lapisan kolor: dipuji malah jadi mandek, gak dipuji malah bikin gedek.

Tapi apapun itu—note to my self—udah saatnya buat ngejadiin pujian sebagai cambukan, bukan tujuan….
….sebelum lupa daratan…
dan jadi setan.



*Lebih baik kalo dibacanya gak terlalu harafiah, ya :)