Search This Blog

Tuesday, December 02, 2008

ALAT SANTET ELEKTRONIK

“GILA LO HARI GINI!”

Ini adalah ungkapan populer buat kita kalo ngelakuin hal-hal yang dianggep kurang mutakheer, kayak ngirim surat pake pos, maen atari (buat yang gak tau, silakan cek di google), beli kaset, atau ngupil pake kelingking…. (jangan nanya).

“Ih, gak kebayang ya, orang jaman dulu pasti menderita banget?!! Gak ada laptop, gak ada facebook, gak ada blekbeuwrhi,” Ini obrolan ABG sebelah meja (Iya! Gue nguping!) di sebuah kedai kopi yang justru kopinya gak enak, sambil ngangkat-ngangkat BB nya ke angkasa dengan gestur ingin dilihat orang (dan sialnya dia berhasil!). Aduh, di penghujung tahun 2008 ini masih ada aja yang nyombong ber-BB ria…. (walaupun gue belum tertarik punya…. Hehe!) .

Tapi yang lebih ganggu itu adalah perihal “orang jaman dulu pasti menderita banget“-nya itu. Ah, bener-bener pemikiran konyol. Baby, what you don’t know will not hurt you, gituuuu. Orang-orang yang hidup di zaman sebelum “ada apa-apa” itu, hidupnya lebih damai, tidurnya juga lebih nyenyak. Mereka gak ngarep-ngarep nunggu sms dari gebetan, gak tiba-tiba kebangun tengah malam cuman karena “Eh, Si Cakep udah approve gue belum ya di Facebook?” atau “Duh, ada yang ngomentarin foto terbaru gue gak yaaaa?”

Dan kalo mereka yang “urdu” ini dikasih premonisi akan situasi di Hari Gini, wah… bisa-bisa berak di celana, karena stress merhatiin betapa ribetnya kita sekarang. Mau pergi makan aja, persiapannya kayak mau perang tempur; cek HP, notebook, BB, Ipod, biar kebawa semua. Kalo ada yang ketinggalan sebiji aja, kayak ketinggalan jempol kaki. Kalo semuanya hilang dirampok karena ditaro di dalem satu tas, rasanya udah kayak kehilangan jiwa.

Malah gue pernah denger ada yang bilang,”Mending ilang perawan daripada ilang BB!” Hayoo, ngaku!!!

Buat yang begitu mengagung-agungkan kekinian, coba deh iseng-iseng pikir-pikir, Emang orang-orang yang kita anggep primitif jaman batu itu ngeh kalo dirinya primitif?
Kebayang gak kalo pas salah satu dari mereka lagi “dandan” pake kulit rusa, tiba-tiba salah satu temennya ngatain, “Gila lo masih pake kulit rusa?? Hari gini kan lagi in pake kulit sapi?”

Nah, sekarang bayangin orang yang hidup di abad 25 atau malah 22. Kalo mereka liat dokumentasi sejarah kita di Hari Gini, bisa-bisa mereka ngeledek ampe mampus. Bisa jadi mereka yang udah bisa transfer benda padat—termasuk tubuh manusia—itu, bakal ketawa terpingkal-pingkal mengetahui kalo kita di Hari Gini mau ke benua seberang aja mesti pake pesawat dan duduk berjam-jam ampe pantat gepeng. (Oh ya, sengaja pake kata “aja”, karena mereka udah mampu jalan-jalan ke Planet Uranus, bahkan galaksi tetangga). Pesawat-pesawat memang bakal makin canggih, tapi cuman buat jadi mainan di wahana nostalgia.

Siap-siap juga deh, foto lo yang paling Hari Gini itu suatu saat nanti terpampang di salah satu musium purbakala dengan caption: gaya gaul manusia primitif abad modern. Dan definisi modern pun akan bergeser semakin kuno, tergantikan istilah-istilah yang lebih modern 2 daripada modern 1. Bingung? Inget aja ama istilah Orde Baru. Udah gak baru-baru amat, kan? :)

Terus-terus, situs pertemanan macem Facebook juga tiga dimensi; jadi kalo mau nge-“poke” orang, bener-bener bisa nowel bagian tubuh mana pun yang lo sukai. Auww! Moga-moga gak ada aplikasi “quick rape.”

Ih, jadi kepikiran, ilmu santet yang ngirim-ngirim barang ke tubuh orang makin tampak biasa dong ya?
Kebayang ada alat santet elektronik dijual bebas, dengan cara pemakaian supergampang-gak perlu dukun. Kita tinggal masukin material bahan bangunan ke sebuah kantung khusus yang terdapat dalam alat tersebut, lalu kita tinggal pilah-pilih di layar: SEND PAKU BETON? KAWAT DURI? GERGAJI? TO: Mantan? Pacar? Mantannya pacar? Pacarnya Pacar? SELECT BODY PART: Dada? Perut? Paha?

Tapi tenang, begitu kiriman ini datang, lo punya pilihan buat ACCEPT? atau REJECT? Dengan catetan, mesti satu provider santet ya….

Oh ya, satu lagi, buat yang masih tetep ngelecehin manusia zaman purbakala… Pernah ke sebuah kota batu Petra di Yordania belum? Gue juga belum, tapi udah sering denger cerita orang yang mendadak “kagum-kagum linglung” sehabis wisata ke sana.



Singkat aja ya, kalo diliat dari arsitektural bangunannya—yang diukir dari gunung batu setinggi puluhan meter, gue gak kebayang kalo kota ini dibangun tahun 9 SM-40 M. Dan Petra memang sengaja dirancang sebagai kota anti musuh dan bebas badai pasir. Mereka punya sistem pengairan yang luar biasa! Jadi ada semacem terowongan air buat ngirim air bersih ke pusat kota. Bangsa Petra juga udah kenal teknologi hidrolik untuk mengangkat air.
Oh iya, di dalem bangunan ini juga ada teater atau tempat pertunjukkan yang nyediain tempat buat 4000 orang. Mungkin zaman dulu ada Rihanna versi romawi yang juga pernah ngebatalin konsernya di situ. Ups!

Nah, segala kecanggihan Petra ini bikin “curiga”, jangan-jangan mereka punya berbagai macam alat canggih—lebih canggih dari yang kita punya sekarang—yang raib secara misterius, berkenaan dengan “hilang”nya Petra dari peta dunia selama kurang lebih 500 tahun setelah terjadinya perang salib.

Teruuuuus, satu lagi, deh—janji terakhir!
Kalo lagi iseng gak ada kerjaan tapi pengen keliatan sok sibuk, coba Googling deh, tentang Abydos Temple.