Search This Blog

Wednesday, December 10, 2008

Lilin SETAN

Temen gue benciii banget sama lilin angka. Katanya benda "terkutuk" itu—berapapun angkanya— selalu ngingetin umur aslinya. Jadinya kalo kita ngasih kue ulang tahun, pasti pake lilin batangan. Itu pun cuma dua biji—kesannya selalu 11 tahun. Abis kalo lilinnya banyak, dia jadi sensitif; sebelum niup lilin malah sibuk ngitungin jumlahnya.

“Masalah”pun bertambah runyam kalo ada orang yang nanya umurnya. Pasti dia malah balik ngasih pertanyaan (jebakan) ,”Coba tebak…”
Kalo tebakannya tepat, dia malah bakal nyerang lagi pertanyaan,”Haah, emang keliatan?!”
Kebayang, kan, apa yang terjadi kalo tebakannya jatuh di angka yang melebihi umurnya—walau cuma setahun?! Duh, pokoknya kalo nyangkut umur, bisa kelar seharian, deh tuh, urusan. Padahal pertanyaan umur ini kadang bersifat administratif, untuk penebusan resep dokter misalnya.

Lo mau tau berapa umur asli si temen pembenci lilin ini?

Baru 25 aja!

Tapi kalo versi dia, “Udah 25 aja…” (dengan tatapan sedih dan nelangsa)

Inget gak pas zamannya SMP, banyak yang bikin SIM A tembak? Padahal umur kita saat itu baru 14 tahunan. Tapi kalo ditanya polisi, pasti kita jawab dengan bangga, “Saya udah 17 tahun!!”

“Baru” dan ‘sudah” ini emang tergantung kebutuhan dan persepsi masing-masing. Tapi… kadang kita terjebak dengan pemilihan kata-kata ini. Terjebak dalam arti malah bikin hati sengsara.

Kita boleh aja ninggalin ungkapan klise macem,”Apalah artinya angka.” Atau “Umur itu cuman sekadar angka doang!”

Tapi kenyataannya—kalo diperhatiin, orang-orang tertentu cenderung ngurangin umurnya 5 sampai 7 tahun. Biasanya sindrom ini berlangsung pas menjelang umur seperempat abad. (Atau ada yang udah kena dari umur belasan?!).

Jadi misalnya….
Pas umur lo 24, lo berharap 17.
Pas umur lo 30, lo ngarep 24.
Eh, pas umur lo 37, lo pengen jadi 30.

Pertanyaannya,
Kalo setiap suatu saat nanti, kita selalu berharap akan menjadi kita yang sekarang, kapan kita jujurnya (baca: bahagia)?

Terus—kalo “pola” umur kita sama kayak contoh di atas—kenapa kita harus menunggu bangga dengan umur kita sekarang, pas tujuh tahun kemudian?

Jadi, marilah teman-teman, tanpa mesti nunggu terlalu lama, kita sama-sama ucapkan nama dan umur kita sekarang dengan lantang dan bahagia!!

”Saya Valiant! Dan saya baru berumur 21 tahun!!!”*

*loh, kok tetep ngibul?!?!