Search This Blog

Thursday, April 09, 2009

Aku bukan BANCI HAYAL....

Ditampar pelacur ampe mental.
Ngomong jujur, kok disangka hayal?

Burung kejepit di antara botol kosong. 
Hati ini sakit, sumpah gak bohong....

Bermula dari pertemuan dengan salah seorang kawan lama yang selalu diawali dengan pertanyaan, “Sekarang di mana?” 

“Ada di depan lo, nih, lagi basa-basi.” Hehe, di dalem benak, sih, otomatis terlontar kata-kata itu, tapi tentulah akan bertentangan dengan norma susila dan agama. 
Lalu jawaban penuh sopan santun pun mengalir bak angin semilir, plus tentu saja ditambah sedikit procol—promo colongan; ngasi tau naskah buku gue yang udah diterbitin, “Kalo lo suka baca, coba aja cari Joker sama Bintang Bunting. Kali aja cocok sama selera lo.”

Si kawan lama langsung terbahak-bahak sambil nepuk-nepuk punggung gue sambil geleng-geleng kepala. Gue pikir itu salah satu caranya berkomunikasi sebagai respon basa-basi... sampai beberapa jam lewat enam hari, namanya tiba-tiba terpampang di layar ponsel. Gue kira dia nelpon buat minta tolong nyentrang-nyantreng, secara deket-deket pemilu banyak kawan lama ingin menjadi sahabat setia (baca: nyaleg). 

Ternyata dia punya itikad lain yang sedikit agak buruk, “Ya ampun, jadi lo beneran nulis buku?!? Wah, sori-sori gue ngetawain lo!! Ini gue lagi liat buku lo di Gramedia! Kirain becanda! Abis lo kayaknya bukan penulis banget?!”

Oooh... jadi

[1] Dia ngetawain gue

Karena

[2] Dia nyangka gue bohong.

Oh, ya... dan.. 

[3] Gue gak mewakili sosok penulis... yang gue juga gak tau kayak gimana wujud seharusnya sosok penulis itu. Tapi bodo amat, ah... toh, gak ngebet juga dibilang penulis. 
Secara hari gini siapa pun bisa jadi penulis, kok. 
Sumpah... 
Tuh, kan, nyangka gue bohong lagi? :p

Sehabis basa-basi ekstension dituntaskan, gue jadi termenung, tercenung, dan tersandung oleh batu-batu kenyataan (blah!) yang bikin sadar kalo kejadian yang gue tulis “bermula dari” ini ternyata bukan tragedi yang pertama. 

Ada beberapa kisah nyata yang justru dituding sebagai gosip semata, bahkan realita hiperbola. Padahal gue gak lagi syuting Termehek-mehek. 

Misalnya saja, rencana kepergian yang tertunda (sangaaat) lama, melahirkan tudingan kalo rencana itu cuma rekayasa sebagai alasan berhenti kerja (dari perusahaan sebelumnya). Gue sih, dengernya cuma senyam senyum mesem, sembari diem-diem nyiapin salinan kontrak kerja baru lengkap dengan foto kopi paspor babu. Jadi seandainya ada yang nyibir-nyibir nyindir lagi, tinggal gue sumpelin aja mulutnya pake kertas kopian tadi.

Pernah juga ketika seseorang—yaah... katakan saja teman kuliah yang tidak dekat tapi harus bareng-bareng karena tugas kelompok—bertandang ke rumah, lalu dia liat jejeran foto temen-temen pas gue gawe di radio swasta yang kebetulan beberapa di antaranya sudah jadi selebriti yang rajin nongol di jam-jam prime time. Terus ia komentar, “Ya ampun, lo nge-pens banget ya ama mereka ampe majang foto-fotonya?!”
Pas gue bilang kalo mereka temen, dia malah bereaksi, “Hahaha! Gak usah malu ampe ngaku-ngaku temen segala lagi..... gue juga penggemar, kok! Eh, elo langganan REG dia juga?” 

Dengernya agak mangkel sekaligus bersyukur, karena untuk sekedar tau kabar terbaru teman—yang telah jadi selebriti itu—cukup bayar SMS standar, gak perlu daftar REG spasi Selebriti. Plus asli beneran dapet balasan langsung dari HP-nya lagi. Yang ngetiknya juga beneran jempol dia lagi. Jawabannya bukan template lagi! Terus... [ Oalah, saatnya berhenti! Sebelum gue cenderung jadi golongan orang-orang yang berbangga ria cuma karena berteman artis].

Yaaah... memang, cara paling tepat buat nunjukin kebenaran, ya tinggal tunjukin bukti-buktinya aja... biar gak nyaingin Ryan Si Penjagal Jombang yang sibuk koar-koar udah asyik masyuk sama “ILB” dengan bukti yang tampak tertunda-tunda mulu.

Tapi kadang ketika sebuah bukti terpasang pun, orang tetep nggak [mau] percaya.
Mereka cenderung As3ri; asyik-asyik asumsi sendiri. Misalnya saat lo sengaja “minta izin” pergi melarikan diri untuk tidak dicari, mereka bisa bilang,”Ah, pasti dia lagi mengurung diri di rumah, mungkin frustasi.” 

Bahkan ketika sebuah foto diam-diam dipajang (karena "minta izin" memang kurang syah sebagai bukti), timbullah sebuah komentar, “Ini foto beneran? Belakangnya tempelan ya? Yang sebelahnya lukisan ya?”
Heuuh... mungkin lain kali kalo punya bukti harus disertai tanda tangan saksi ahli. (Kalo bisa selain Roy Suryo, ya...)

Tapi bukti yang detail justru bisa jadi boomerang, karena seorang penghayal ulung biasanya menyiapkan kebohongan satu paket dengan bukti fiktif.

Yah, gak apa-apa, deh. Toh, gue orangnya gak jujur-jujur amat, kok. 

Kayak pas tadi pagi, gue dateng ke Tempat Pemungutan Suara untuk menggagalkan diri sebagai Golput, tapi tetep... nyontrengnya pura-pura, lengkap dengan tatapan mata sok cermat sambil mengusap-usap dagu pertanda sok cerdas.
Hhmm, mungkin ini lebih parah dari GOLPUT... karena gue jadi termasuk GOLTIP; Golongan Tipu.

Dan... salah satu alasan kenapa gue gak pernah membiasakan diri buat bilang “Sumpah Demi Allah!” seperti orang-orang kebanyakan—bahkan pada saat hanya untuk meyakinkan bahwa mereka sakit perut—sebagai antisipasi kalo suatu saat gue harus berbohong, gak perlu bawa-bawa nama Allah.

Yah, mau jadi banci hayal atau banci kaleng, itu sih, pilihan masing-masing aja. 
Tapi jika tuduhan hayal kembali dilempar ke gue, izinkanlah gue beropini sebagai penghibur hati,

“Hidup gue terlalu spektakuler,  jadinya ada aja orang-orang yang gak rela buat mempercayainya.”

Elo mungkin bilang itu arogan, tapi gue justru berdoa karena ini pengharapan :)

Amin!



[+] "Ini beneran foto Beyonce? Ini Beyonce-nya ASLI?!"

[--] "Iyaa.. ini foto original plus Beyonce ASLI! Tapi cowoknya bukan gue."
PUASS?!?!


[VB]

Image: destinyschildrumours.blogspot.com

Punya pengalaman serupa? Ayo bagi-bagi hayalnya di sini!