Search This Blog

Tuesday, April 21, 2009

Selera Musik Bikin Panik

Terpurukku di sini…
Di pelukan bimbang jawabmu…
Membeku dan sara… 
Tak terkira......
By Kla Project

Kok, tiba-tiba kangen, ya, sama dalemnya lirik-lirik lagu yang meradjai chart musik Indonesia lampau? Dengan berbagai warna cover kaset dari ungu sampai hijau daun, mereka—para musisi—juga mampu menarik penggemar yang sangat massivgak pake d’

Kalo dulu ditanya,”Mau beli CD apa?” Gue tanpa ragu bisa jawab, “Mau Kla Project, Dewa 19 (dengan vokalis Ari Lasso), Pure Saturday, oh ya... dan Kubik!”
Meskipun diam-diam gue juga ngutil ngambil kasetnya berbagai band yang cuman pol di sekali nongol (yeah, I know it’s called “one hit wonder”) macem Traxap dengan Buaya Daratnya dan juga Indy yang rajin menyapa Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam...

Image: indolawas.blogspot.com

Kalo sekarang, jangankan beli CD, penawaran link-link buat download gratis lagu-lagu aja gak kelirik. Apalagi buat nge-klik. 
(Hmm, mungkin juga karena sering dapet CD gratisan dari temen-temen di label atau radio. Hehehe!)

Sebenernya lirik lagu hari gini juga gak kalah indah dan penuh makna, cuman aja kadang gue “keberatan” sama nadanya yang meliuk-liuk, terseok lalu tiba-tiba menikung tajam. 

Gue gak berani bilang kalo industri musik Indonesia lagi mengalami kemunduran juga, sih... karena maju atau mundurnya itu gue rasa tergantung di mana kita menempatkan posisi pernah dan sedang berdiri di mana. Rasanya lebih santun kalo pake ungkapan “pergeseran trend pasar”.... yang mundur.

Ibarat stasiun TV, dulu stasiunnya seemprit, tapi tayangannya bermacam-macam. Sekarang channelnya beragam, tapi konsep acaranya mirip-mirip. Begitu ada satu jenis yang merajai rating, yang lain otomatis sinting; bikin show serupa tanpa tedeng aling-aling. 
Yang tampil apa adanya mampu jadi idola. Yang plak-plak ketahuan ngejiplak malah mendominasi penghargaan dengan kemenangan mutlak.

Tapi kalo diliat-liat lagi, musik hari gini mampu menghilangkan gap, ya?
Misalnya kalo dulu—sebut saja sekitar 10 tahun yang lalu—gue masih denger sayup-sayup lagu dangdut dari kamar pembantu. 
Buat yang anti dangdut, jangan keburu belagak alergi kalo tiap baca jargon macem “gantengnya pacarku.... (aouuww)”, “lima menit lagi”, “RT 5 RW 3”, langsung kebayang nada cengkok dangdutnya :p
Nah, kalo sekarang dari pembantu sampai anak gedongan—bahkan yang ngaku punker sejati, sama-sama jago mendendangkan lagu Kangen Band, ST12, atau Hijau Daun pada nada cengkok yang tepat akurat —walaupun beberapa kalangan mesti melantunkannya secara diam-diam karena takut ketahuan orang.

Yah kalo mau jujur sama gendang telinga, sih, sebenernya nada-nada dangdut masih terdengar, tapi dalam balutan kemasan pop melayu. 

Apa mungkin ini juga yang bikin kita resah? Seakan gak mau nerima kenyataan kalo (ternyata) selera kita sama dengan pembantu? Atau karena sudah terlanjur ngecap musik tertentu sebagai selera babu tapi diam-diam sering memakai jargon-jargonnya setiap waktu?
Karena tiap kali putus, tinggal “cari pacar lagi”. Dan tiap ada temen yang bilang “jangan jangan”, tiba-tiba otak langsung menyambungkannya dengan rangkaian kata “kau menolak cintakuuuuu…”

Lah, kalo kayak gini, siapa yang seleranya “maju”? Siapa yang “mundur”?

Apa kepanikan di dunia industri musik ini karena faktor dangdut yang sedang susah digoyaaang?

Kalo elo termasuk yang merindu akan adanya perbatasan selera musik lagi, silakan menaruh harapan pada calon pangeran dangdut baru; Ridho Rhoma yang tampangnya Bung Rhoma abis versi muda agak bule dikit itu—secara emang anaknya... DUH!—semoga 
mampu membangkitkan kembali kejayaan dangdut dan “memecah belah” umat penikmat melayu nusantara.

Image: hitsmusik.files.wordpress.
com

Hehe, jangan terlalu nganggep serius, ya. Ini cuman teori superngasal sok tau yang suka ngalor ngidul di benak pas gue lagi pup.

Tapi ngomongin seni, industri, dan selera pasar, gue agak kena getah juga, karena ada “pihak tertentu” yang menginginkan genre buku gue agak-agak dibuat “melayu” biar.bisa lebih nebelin dompet. 
Pertanyaannya, dompet lo apa dompet gue, nih??
Toh, nyatanya (katanya) di antara band “papan atas” itu ada yang digaji bulanan layaknya pegawai negeri tanpa mempertimbangkan royalti. Emang sih, dikasih berbagai fasilitas. Tapi apalah gunanya apartemen mewah kalo buat traktir keluarga dan sahabat aja agak-agak susah?
Eh, kok. Jadi agak-agak melenceng ya 

Yah, kalo emang harus ngasih saran sok bijak, sih... daripada melihara panik, dengerin aja dah musik yang menurut lo asyik :p Karena kalo mau menutup telinga dari selera pasar, masih banyak tersedia, kok, beragam musik sesuai selera masing-masing...

Atau kalo udah terlalu muak buat dengerin lagu, gimana kalo minta suaraaaaa dengarkanlah akuuu….
apa’ kabarnyaaaaaaa pujaan hatikuuuuu……

[VB]

Mau ikut sumbang suara? Yu silakaaaan :)